Aplikasi Buku Keuangan Bendahara / Kas Umum Sekolah v4.00 Siap Cetak
Skripsi Strategi Think-Talk-Write Dengan Ekspositori

Skripsi Strategi Think-Talk-Write Dengan Ekspositori

Skripsi Strategi Think-Talk-Write Dengan Ekspositori

Perbandingan Hasil Belajar Strategi Think-Talk-Write Dengan Ekspositori

Download contoh skripsi "perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi think-talk-write (ttw) dengan diajar menggunakan strategi pembelajaran ekspositori pada materi pokok garis singgung lingkaran" Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Berbagai macam strategi pembelajaran yang salah satunya adalah strategi Think-Talk-Write (TTW). Strategi ini diperkenalkan oleh Huinker dan Laughlin (1996: 82) pada dasarnya dibangun melalui melalui berfikir, berbicara dan menulis. Alur kemajuan strategi Think-Talk-Write (TTW) dimulai dari keterlibatan siswa dalam berfikir atau berdialog dengan dirinya sendiri setelah proses membaca, selanjutnya berbicara dan membagi ide (sharing) dengan temannya sebelum menulis(Martinis Yamin 2009 : 13).

Selain itu pembelajaran dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) dapat melatih siswa untuk menuliskan hasil diskusinya ke bentuk tulisan secara sistematis sehingga siswa akan lebih memahami materi dan membantu siswa untuk mengkomunikasikan ide-idenya dalam bentuk tulisan.

Selain strategi Think-Talk-Write (TTW) terdapat pula strategi pembelajaran ekspositori yang mungkin sudah biasa diterapkan oleh guru-guru dalam proses pembelajaran khususnya pada pelajaran matematika, dengan strategi ini guru dituntut untuk menceritakan apa yang akan disampaikan pada siswa sedetil-detilnya. Sehingga siswa dapat memahami apa yang disampaikan guru secara menyeluruh.

Roy Killen (1998) menamakan strategi ekspositori dengan istilah strategi pembelajaran langsung (direct instruction), karena dalam strategi strategi ini materi pelajaran disampaikan langsung oleh guru. Siswa tidak dituntut untuk menemukan materi itu. Materi pelajaran seakan akan-sudah jadi. Oleh karena strategi ekspositori lebih menekankan pada proses bertutur, maka sering juga dinamakan istilah strategi “chalk and talk”(Sanjaya Wina, 2006:179).
Satu hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan suatu model pembelajaran harus disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan oleh seorang guru.

Ada beberapa materi pada pembelajaran matematika yang sesuai dengan penggunaan strategi Think-Talk-Write (TTW) dan strategi pembelajaran ekspositori salah satunya adalah materi Garis Singgung Lingkaran yang konsepnya begitu kompleks sehingga siswa kadang kesulitan untuk mempelajari, memahaminya dan mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari.


Dengan menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW) atau dengan strategi pembelajaran ekspositori dapat membantu siswa dalam mendapatkan pemahaman yang kuat pada materi garis singggung lingkaran, terutama pada materi garis singgung lingkaran yang soalnya bersifat kontesktual.

Catatan: File ini semata-mata saya dapatkan dari teman-teman kuliah, Jika anda merasa pemilik file ini, silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia!!!

Share On :

Note :
  • Gunakan bahasa ramah lingkungan. Link promo masuk Spam
  • Jika tidak memiliki akun disqus, silahkan login dengan akun media sosial anda.
  • Gunakan parse tool untuk style teks dan kode HTML.
Copyright © | Proudly powered by Blogger
DMCA.com Protection Status