Aplikasi Buku Keuangan Bendahara / Kas Umum Sekolah v4.00 Siap Cetak
Kata Talak Tiga Termasuk Talak Tiga Kali

Kata Talak Tiga Termasuk Talak Tiga Kali

Kata Talak Tiga Termasuk Talak Tiga Kali

Kata Talak Tiga Termasuk Talak Tiga Kali

Kata Talak Tiga Termasuk Talak Tiga Kali. Pernikahan merupakan hubungan untuk meneruskan keturunan atau generasi penerus umat manusia dan menjadikan halal sesuatu yang haram. Sebagaimana kita tahu bahwa laki-laki dan perempuan diciptakan berbeda, sehingga sifat dan karakter pun tidak sama. Supaya saling mengenal, memahami satu sama lain.

Dalam pernikahan, kita mengenal kata "talak" atau "cerai", dimana kata itu bisa dianggap sah jika diucapkan oleh suami walaupun diucapkan dalam keadaan tidak sengaja atau bergurau.  Dan dalam setiap pernikahan mempunyai jatah 3 kali kata tersebut seumur hidup. Misalnya "kamu saya ceraikan" itu tidak boleh terucap sampai tiga kali. Atau mengatakan talak tiga satu kali, seperti "kamu saya talak tiga" itu sama dengan yang diucapkan tiga kali.

Ada juga bukan kata talak, tapi bertujuan talak (talak hikayah). Seperti "ya sudah sampai disini kita" (dijalan), "sampai disini perjalanan kita" atau lainnya, dimana dalam hati suami bertujuan menceraikan istrinya.

Cuplikan suami istri sedang bertengkar, sebut saja nama suami ISRAEL, dan istrinya PALESTINA. Pertempuran sengit terjadi karena si palestina tidak tahan dengan perlakuan suaminya, karena merasa jadi penguasa yang paling kuat, si israel terus menggempur dengan bom-bom masa kini gara-gara si palestina tidak menuruti ambisinya. Walaupun bomnya tidak setajam silet alias tumpul tapi bisa menembus ke dalam gua sekalipun, tidak punya mata tapi dikendalikan dari jauh. si israel terus menggempur si palestina dengan kekuatan penuh untuk mencapai tujuannya. mikirnya jangan kemana loya...!!!

Akhirnya si palestina menyerah, dan berkata :

Palestina : Ceraikan saya
Israel : Siap
Palestina : Ceraikan saya
Israel : iya
Palestina : Ceraikan saya
Israel : oke

Perkataan si israel "siap, iya, oke" itu termasuk bagian dari kata talak/cerai. Karena diucapkan tiga kali, maka si israel tidak bisa kembali lagi ke si palestina. Kecuali si palestina menikah dengan orang lain, dan bercerai, baru si israel bisa kembali ke si palestina dengan menikah lagi.

Jadi, jika anda menjadi israel jangan sekali-kali terucap kata yang disebutkan diatas atau yang lainnya, walaupun dalam keadaan bercanda sekalipun.

وقصد الطلاق والعتق معاوقعا بناء على ارادة الحقيقة والمجاز بلفظ واحد واو قال لها انت طالق ثلاثا الاقل الطلاق وقع الثلاث لان الاقل الذي استثناه يصدق ببعض طلقة فيبقى من الطلاق بعضها, الخ

باب من قال لامراته انت علي حرام. وقال الحسن نيته. وقال اهل العلم : اذا طلق ثلاثا فقد حرمت عليه, فسموها حراما بالطلاق والفراق, وليس هذا كالذي يحرم الطعام لانه لا يقال لطعام الحل حرام, ويقال للمطلقة حرام.  وقال فى الطلاق ثلاثا: لايحل له حتى تنكح زوجا غيره. الخ

Catatan: Kata talak harus di ucapkan dengan lisan, maka jika hanya niat/dikatakan dalam hati tidak sah

Demikian artikel Kata Talak Tiga Termasuk Talak Tiga Kali, semoga bermanfaat.

Referensi :
Hasyiyah al-Bajury ala Ibnu Qosim, juz II hal 140
Shohih Buhkari bi Hasyiyah as-Sindy, juz III hal 270

Share On :

Note :
  • Gunakan bahasa ramah lingkungan. Link promo masuk Spam
  • Jika tidak memiliki akun disqus, silahkan login dengan akun media sosial anda.
  • Gunakan parse tool untuk style teks dan kode HTML.
Copyright © | Proudly powered by Blogger
DMCA.com Protection Status