Program Mingguan dan Harian RPPM RPPH PAUD TK RA Kurikulum 2013

Program Mingguan dan Harian RPPM RPPH PAUD TK RA Kurikulum 2013
Program Mingguan dan Harian RPPM RPPH PAUD TK RA Kurikulum 2013

Kali ini Nom Ifrod akan membagikan file perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) Pendidikan anak usia dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), atau Raudlatul Athfal (RA).

Dimana hal tersebut sudah sesuai dengan rambu-rambu RPP PAUD Kurikulum 2013.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) merupakan rencana kegiatan yang disusun untuk pembelajaran selama satu minggu. Perencanaan kegiatan mingguan dapat berbentuk jaringan tema. Jaringan tema berisi projek- projek yang akan dikembangkan menjadi kegiatan-kegiatan pembelajaran.

Pada akhir satu atau beberapa tema dapat dilaksanakan kegiatan puncak tema yang menunjukkan prestasi peserta didik. Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain membuat kue/makanan, makan bersama, pameran hasil karya, pertunjukan, panen tanaman, dan kunjungan.

Cara Penyusunan RPPM:


  1. Diturunkan dari program
  2. Berisi sub tema - KD - materi - rencana kegiatan
  3. Penyusunan kegiatan mingguan disesuaikan dengan strategi pengelolaan kelas (area, sentra, kelompok usia) yang ditetapkan masing-masing satuan PAUD.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan


Rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) adalah perencanaan program harian yang akan dilaksanakan oleh pendidik/pengasuh pada setiap hari atau sesuai dengan program lembaga. Komponen RPPH, antara lain: tema/sub tema/sub-sub tema, alokasi waktu, hari/tanggal, kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

Cara Penyusunan RPPH:


  1. Disusun berdasarkan kegiatan mingguan.
  2. Kegiatan harian berisi kegiatan pembuka, inti, dan penutup.
  3. Pelaksanaan pembelajaran dalam satu hari dilaksanakan sesuai dengan prinsip pembelajaran PAUD.
  4. Penyusunan kegiatan harian disesuaikan dengan kondisi satuan pendidikan masing-masing dan menggunakan pendekatan saintifik.
  5. Kegiatan harian dapat dibuat oleh satuan pendidikan dengan format sesuai kebutuhan masing-masing.

Hanya itu sekilas beberapa poin tentang Program Mingguan dan Harian RPPM RPPH PAUD TK RA Kurikulum 2013 yang bisa anda download pada link berikut ini:

Program Mingguan dan Harian RPPM RPPH PAUD TK RA Kurikulum 2013

selebihnya anda tinggal edit menyesuaikan dengan program mingguan dan harian sekolah masing-masing. Selamat bekerja...
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya