Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Standar Kompetensi Kurikulum TK RA PAUD

Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Standar Kompetensi Kurikulum TK RA PAUD
Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Standar Kompetensi Kurikulum TK RA PAUD

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi yang dibakukan dan cara pencapaiannya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan daerah. perlu dicapai secara tuntas (belajar tuntas). Kurikulum dilaksanakan dalam rangka membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik/motorik, kemandirian, dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar.

Kompetensi Dasar merupakan pengembangan potensi-potensi perkembangan pada anak yang diwujudkan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai dengan usianya, yaitu berupa pengetahuan; *keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang dapat dikenali melalui sejumlah hasil.belajar dan indikator yang dapat diukur dan diamati.

Hasil belajar merupakam cerminan kemampuan anak yang dicapai dari suatu tahapan pengalaman belajar dalam satu kompetensi dasar. Indikator merupakan hasil belajar yang lebih spesifik. dan terukur dalam satu kompetensi dasar. Apabila serangkaian dalam satu kompetensi dasar. .sudah tercapai, berarti target kompetensi dasar tersebut sudah terpenuhi.

Fungsi Kurikulum TK 2004


Fungsi Pendidikan Taman Kanak-kanak dan Raudhatul Athfal adalah:

  • mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak;
  • mengenalkan anak dengan dunia sekitar;
  • menumbuhkan sikap dan perilaku yang baik;
  • mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi;
  • mengembangkan keterampilan, kreativitas dan kemampuan yang dimiliki anak;
  • menyiapkan anak untuk memasuki pendidikan dasar.

Tujuan Kurikulum TK 2004
Membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis maupun fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik/motorik, kemandirian, dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar.

Ruang Lingkup Kurikulum TK 2004


Ruang lingkup Kurikulum TK dan RA meliputi aspek perkembangan:

  • Moral dan Nilai-nilai Agama.
  • Sosial, Emosional dan Kemandirian.
  • Kemanpuan Berbahasa.
  • Kognitif.
  • Fisik/motorik.
  • Seni.

Untuk menyederhanakan lingkup kurikulum dan menghindari tumpangtindih, serta untuk memudahkan guru menyusun program pembelajaran yang sesuai dengan péngalaman mereka, maka aspek-aspek perkembangan tersebut dipadukan dalam bidang pengembangan yang utuh mencakup: bidang pengembangan pembentukan perilaku- melalui pembiasaan dan bidang pengembangan kemampuan dasar.

a. Bidang Pengembangan Pembentukan Perilaku melalui Pembiasaan
Pembentukan perilaku melalui pembiasaan merupakan kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus dan ada dalam kehidupan sehari-harianak sehingga menjadi kebiasaan yang. baik bidang pengembangan pembentükan perilaku melalui pembiasaan meliputi pengembangan moral dan nilai-nilai agama, serta pengembangan sosial, emosional, dan kemandirian. Program pengembangan moral dan nilai-nilai agama diharapkan akan meningkatkan ketakwaan anak terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan membina sikap anak dalam rangka meletakkan dasar agar anak menjadi warga negara yang baik Program pengembangan sosial dan kemandirian dimaksudkan untuk membina anak agar dapat mengendalikan emosinya secara wajar, dapat berinteraksi dengan sesamanya maupun dengan orang dewasa dengan baik, serta dapat menolong dirinya sendiri dalam rangka menguasai kecakapan hidup.

b. Bidang Pengembangan Kemampuan Dasar
Pengembangan kemampuan dasar merupakan kegiatan yang dipersiapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas sesuai dengan tahap perkembangan anak. Pengembangan kemampuan dasar tersebut meliputi:

1. Kemampuan berbahasa
Pengembangan ini bertujuan agar anak mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat, mampu berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan minat untuk dapat berbahasa Indonesia.

2. Kognitif
Pengembangan ini bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir anak untuk dapat mengolah perolehan belajamya, dapat menemukan bermacam-macam alternatif pemecahan masalah, membantu anak untuk mengembangkan kemampuan logika matematikanya dan pengetahuan akan ruang dan waktu, serta mempunyai untuk menulah-milah, mengelompokkan serta pengembangan kemampuan berpikir teliti.

3. Fisik/motorik
Pengembangan ini bertujuan untuk men.perkenalkan dan melatih gerakan kasar dan halus, meningkatkan kemampuan mengelola, mengontrol gerak4n tubuh dan koordinasi, serta meningkatkan keterampilan tubuh dan cara hidup sehat sehingga dapat menunjang pertumbuhan jasmanl yang kuat, sehat dan terampil.

4. Seni
Pengembangan ini bertujuan agar anak dapat dan mampu hasil imajinasinya, sesuatu berdasarkan menciptakan mengembangkan kepekaan, dan dapat menghargai hasil karya yang kreatif.

Standar Kompetensi Lintas Kurikulum


Kompetensi lintas kurikulum merupakan kompetensi kecakapan untuk hidup dan belajar sepanjang hayat, serta kecakapan hidup yang diperlukan anak untuk mencapai seluruh potensi dalam kehidupan. Kompetensi ini merupakan kompetensi yang dibakukanyang harus dicapai oleh anak melalui pengalaman belajarnya. Standar ini meliputi:

  • Memiliki keyakinan, menyadari serta menjalankan hak. dan kewajiban, saling menghargai dan memberi rasa aman, sesuai dengan :agama yang dianutnya.
  • Menggunakan bahasa untuk memahami, mengembangkan dan mengkomunikasikan gagasan dan informasi, serta untuk berinteraksi dengan orang lain.
  • Memilih, memadukan, dan menerapkan konsep-konsep dan teknik- teknik, pola, struktur, dan hubungan.
  • Memilih, mencari dan menerapkan teknologi dan informasi yang diperlukan dari berbagai sumber.
  • Memahami dan menghargai dunia fisik, makhluk hidup dan teknologi, serta menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai untuk mengambil keputusan yang tepat.
  • Berpartisipasi, berinteraksi dan berperan aktif dalam masyarakat dan budaya global berdasarkan pemahaman konteks budaya, geografis, dan historis.
  • Berkreasi dan menghargai karya artistik, budaya, dan intelektual serta menerapkan nilai-nilai luhur untuk meningkatkan. kematangan pribadi menuju masyarakat yang beradab.
  • Berpikir logis, kritis, dan lateral dengan memperhitungkan potensi dan peluang untuk menghadapi berbagai kemungkinan.
  • Menunjukkan motivasi dalam belajar, percaya diri, bekerja mandiri dan bekerja sama dengan orang lain.

Standar Kompetensi TK dan RA


Standar kompetensi yang diharapkan dari pendidikan TK dan RA adalah tercapainya tugas-tugas perkembangan secara optimal sesuai dengan standar yang telah dirumuskan. Aspek-aspek perkembangan yang diharapkan dicapai meliputi aspek moral dan nilai-nilai agama, sosial, emosional, kemandirian, berbahasa, kognitif, fisik/motorik, dan seni. Melalui pemberian rangsangan, stimulasi, dan bimbingan, diharapkan akan meningkatkan perkembangan perilaku dan sikap melalui pembiasaan yang baik sehingga akan menjadi dasar utama dalam pembentukan pribadi anak sesuai dengan nilai-nilai yang ada di masyarakat.
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya