Aplikasi Buku Keuangan Bendahara / Kas Umum Sekolah v4.00 Siap Cetak
Skripsi Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Tutor Sebaya

Skripsi Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Tutor Sebaya

Skripsi Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Tutor Sebaya

Kooperatif Dengan Tutor Sebaya

Download contoh skripsi tentang "penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan tutor sebaya pada pokok bahasan bilangan bulat dan pecahan" S1
Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Download juga
Skripsi penerapan pembelajaran kooperatif tipe stad
Skripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw

A. PENDAHULUAN
Prestasi belajar yang dicapai peserta didik merupakan gambaran dari keberhasilan seorang guru dalam mengelola proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang dilakukan seorang guru terkait dengan perencanaan, persiapan, dan ketetapan memilih model pembelajaran, serta pendekatan pembelajaran yang digunakan.

Proses pembelajaran merupakan serangkaian tindakan yang dilakukan seorang guru dalm menyampaikan sebuah materi atau bahan ajar akan berpengaruh besar terhadap dan menentukan hasil belajar serta ketuntasan belajar peserta didik dalam suatu bidang studi atau materi pokok tertentu.

Hasil belajar bersifat kuantitatif dan kualitatif. Hasil belajar yang bersifat kuantitatif dapat dilihat dari niali hasil belajar yang berupa angka-angka. Sedangkan hasil belajar yang bersifat kualitatif dapat dilihat dari perubahan-perubahan yang terjadi pada peserta didik. Perubahan-perubahan itu dapat berupa perubahan kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Ketuntasan belajar merupakan kemampuan peserta didik dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajarinya pada suatu bidang studi atau materi pokok tertentu. Salah satu indikator ketuntasan belajar ini dapat dilihat dari hasil belajar sebagaimana terurai diatas.

Betapapun keterampilan seorang guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran di dalam kelas sangat berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar atau prestasi belajar siswa. Guru yang dipandang sebagai agen modernisasi dan inovasi dalam segala bidang, usaha utama yang dapat dilakukan adalah melalui program pendidikan di sekolah untuk mempersiapkan dan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya guna bagi pengembangan masyarakat.

Peran penting guru dalam pencapaian tujuan pendidikan merupakan tuntutan tersendiri bagi diri dan profesinya untuk memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai. Termasuk di dalamnya kemampuan menguasai dan keterampilan menggunakan berbagai strategi dan metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

Guru yang kaya dan menguasai berbagai strategi dan pembelajaran akan lebih memungkinkan bagi dirinya untuk mendesain dan menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Pembelajaran yang kreatif dan inovatif pada gilirannnya akan membuat siswa nyaman dan senang dalam belajar, sehingga belajar menjadi tidak jenuh. Dalam pendidikan, seorang siswa dipandang sebagai titik pusat proses belajar.


Siswa sebagai subjek yang berkembang melalui pengalaman belajar. Guru lebih berperan sebagai fasilitator dan motivator belajar siswa, membantu dan memberikan kemudahan agar siswa mendapatkan pengalaman belajar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya sehingga terjadilah suatu interaksi aktif antar guru dengan siswa.

Catatan: File ini semata-mata saya dapatkan dari teman-teman kuliah, Jika anda merasa pemilik file ini, silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia!!!

Share On :

Note :
  • Gunakan bahasa ramah lingkungan. Link promo masuk Spam
  • Jika tidak memiliki akun disqus, silahkan login dengan akun media sosial anda.
  • Gunakan parse tool untuk style teks dan kode HTML.
Copyright © | Proudly powered by Blogger
DMCA.com Protection Status