Aplikasi Buku Keuangan Bendahara / Kas Umum Sekolah v4.00 Siap Cetak
Orang Yang Wajib Mengeluarkan Zakat

Orang Yang Wajib Mengeluarkan Zakat

Orang Yang Wajib Mengeluarkan Zakat

Orang Yang Wajib Mengeluarkan Zakat

Orang Yang Wajib Mengeluarkan Zakat. Zakat adalah rukun Islam yang ketiga. Dalam al-Qur’an, kewajiban zakat dikaitkan dengan kewajiban shalat pada delapan puluh dua ayat. Dalil kewajiban zakat adalah al-Kitab, as-Sunnah dan Ijmā’, maka berikut ini akan dipaparkan siapa yang dikatakan wajib membayar Zakat?

Orang yang diwajibkan untuk membayar Zakat adalah sebagai berikut:
  1. Orang merdeka (bukan budak). Rasulullah  SAW bersabda: “Barangsiapa yang menjual budak yang memiliki harta, maka hartanya adalah milik penjualnya, kecuali pembelinya mensyaratkannya.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)
  2. Memiliki nishāb, yaitu kadar harta yang mencapai batasan zakat setelah dikurangi dengan kebutuhan hidup, seperti pangan, sandang, papan, kendaraan dan perabot rumah tangga lainnya. Rasulullah  SAW bersabda: “Kamu tidak mempunyai kewajiban zakat sehingga kamu memiliki 20 dinar dan harta itu telah men-jalani putaran satu tahun.” (HR. Abu Dawud)
  3. Sempurnanya haul  (waktu nishāb) hartanya, kecuali biji-bijian dan buahan-buahan karena tidak disyaratkan sempurnanya waktu. Allah  SWT berfirman: “Dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasil-nya (dengan mengeluarkan zakatnya)….” (QS. al-An’am [6]: 141)
  4. Terhindarnya harta zakat dari hutang, baik seluruh-nya maupun sebagian besarnya dan tidak sedang di-persengketakan.
Catatan :
Anak kecil juga dikenakan kewajiban zakat dalam hartanya. Orang yang mempunyai hutang yang menghabiskan kekayaannya menurut pendapat yang azhhar dalam madzhab Syafi’ie wajib mengeluarkan zakat. Namun menurut Hanabilah hutang yang tidak bisa terbayar kecuali dengan harta yang dizakati atau dengan menjual kebutuhan pokok hidup (sandang, pangan, papan) maka bisa menggugurkan kewajiban zakat, baik sudah jatuh tempo atau belum.(Kassyaf al-Qina’ II/202)

Demikian artikel Orang Yang Wajib Mengeluarkan Zakat, semoga dapat memberikan manfaat pada kita semua. amin...

Share On :

Note :
  • Gunakan bahasa ramah lingkungan. Link promo masuk Spam
  • Jika tidak memiliki akun disqus, silahkan login dengan akun media sosial anda.
  • Gunakan parse tool untuk style teks dan kode HTML.
Copyright © | Proudly powered by Blogger
DMCA.com Protection Status