Aplikasi Buku Keuangan Bendahara / Kas Umum Sekolah v4.00 Siap Cetak
Download Skripsi Perbandingan Belajar Siswa

Download Skripsi Perbandingan Belajar Siswa

Download Skripsi Perbandingan Belajar Siswa

Download Skripsi Perbandingan Belajar Siswa

Download Skripsi Perbandingan Belajar Siswa. Perbandingan prestasi belajar siswa antara yang diajar menggunakan strategi pembelajaran think talk write (ttw) dengan strategi pembelajaran ekspositori pada pokok bahasan faktorisasi bentuk aljabar. Dalam file skripsi ini terdiri dari: Bab I sampai bab VI, validitas, lembar kerja siswa, contoh soal, kisi-kisi soal, hasil tes, dan masih banyak lagi.

Belajar merupakan suatu proses yang kompleks yang terjadi pada setiap orang. Proses belajar biasanya ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku pada diri orang itu. Belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, proses belajar yang diselenggarakan secara formal biasanya dilakukan disekolah. Di sekolah interaksi antara guru, siswa dan lingkungan sekolah juga dapat menentukan keberhasilan dalam proses belajar.

Itulah sebabnya kegiatan guru dalam proses pembelajaran harus dapat menciptakan proses belajar mengajar yang berdaya guna, salah satunya adalah kegiatan dalam merencanakan proses belajar mengajar seperti menetapkan metode yang tepat dalam proses belajar mengajar. Hal ini sesuai dengan pendapat Dimyati dan Moejiono (1994:3) yang mengatakan bahwa metode mengajar adalah alat untuk mencapai tujuan. Hal ini tidak lepas dari pentingnya seorang guru sebagai tenaga pendidik dalam memilih metode mengajar yang sesuai dan penggunaannya harus disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, sehingga penggunaannya dapat dikatakan efektif dan efisien dalam upaya tercapainya tujuan pembelajaran.

Matematika sebagai salah satu pembelajaran yang dianggap sulit bagi sebagian siswa. Kesulitan ini tidak hanya pada materi yang diterima siswa tetapi mungkin penggunaan metode mengajar yang kurang tepat. Untuk itu guru dalam mengajar matematika dituntut untuk menggunakan metode yang dirasa tepat atau sesuai. Di samping itu keterlibatan siswa secara aktif dalam berfikir atau kemampuan memecahkan masalah yang merupakan tujuan dari pembelajaran.

Keberhasilan proses belajar mengajar sangat ditentukan oleh strategi pembelajaran yang dipilih oleh seorang guru. Oleh sebab itu, seorang guru harus menguasai berbagai strategi pembelajaran dengan baik. Motif dan gairah belajar pada peserta didik harus selalu dapat dibangkitkan, dipupuk dan dikembangkan. Sehingga, dalam belajar peserta didik tidak jenuh dan dapat merasakan pentingnya materi yang disampaikan.

Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam proses belajar mengajar matematika. Di antaranya adalah tujuan, materi pelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, media dan evaluasi (Sanjaya, 2006: 58). Dari beberapa komponen tersebut, ada satu komponen yang sangat menentukan dalam proses belajar mengajar yaitu metode atau strategi pembelajaran.

Penggunaan strategi yang baik dan benar akan berpengaruh baik terhadap proses belajar mengajar dan kemampuan peserta didik dalam memahami mata pelajaran khususnya matematika sehingga memungkinkan tercapainya prestasi belajar yang gemilang bagi pesereta didik.

Salah satu strategi penbelajaran yang digunakan di sekolah adalah strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) memotivasi siswa dalam aktivitas berpikir, berbicara, dan menuliskan materi yang ia pelajari dengan bahasa yang ia konstruk sendiri. Aktivitas berpikir dapat dilihat dari kegiatan membaca. Wiederhold (dalam Yamin dan Antasari, 2009: 84) menyatakan bahwa kemampuan membaca, dan membaca secara komprehensif (reading comprehension) secara umum dianggap berpikir, meliputi membaca baris-demi baris (reading the lines) atau membaca yang penting saja (reading between the lines).

Fase berkomunikasi (talk) pada strategi ini memungkinkan siswa untuk terampil berbicara. Dan fase yang terakhir yakni ”write”, siswa menuliskan hasil dari bacaan dan diskusi sebelumnya. Aktivitas menulis berarti mengkonstruksi ide, karena setelah berdiskusi atau berdialog antar teman dan kemudian mengungkapkannya melalui tulisan (Yamin dan Antasari, 2009: 84).

Selain TTW, strategi pembelajaran yang biasa dilakukan oleh adalah strategi ekspositori. Strategi pembelajaran ekspositori adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal (Sanjaya, 2009:179).

Keunggulan dalam pembelajaran ekspositori guru dapat mengontrol urutan dan keluasan materi pembelajaran, pembelajaran ini juga dianggap paling efektif apabila materi yang harus dikuasai cukup luas, dalam pembelajaran ini siswa selain dapat mendengar melalui penutur tentang materi juga sekaligus dapat melihat/observasi dan strategi pembelajaran ekspositori dapat digunakan dalam jumlah siswa besar dan ukuran kelas besar.
Dalam mata pelajaran Matematika, pokok bahasan faktorisasi bentuk aljabar merupakan bahasan terapan yang sangat bermanfaat dalam mengolah dan menyajikan suatu informasi atau data. Penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari menarik untuk diperluas lagi dengan memahamkan kepada siswa. Siswa dapat mengaitkannya dengan kehidupan mereka di dalam maupun di luar kelas, sehingga strategi Think-Talk-Write (TTW) dapat diterapkan dalam pokok bahasan ini.

Share On :

Note :
  • Gunakan bahasa ramah lingkungan. Link promo masuk Spam
  • Jika tidak memiliki akun disqus, silahkan login dengan akun media sosial anda.
  • Gunakan parse tool untuk style teks dan kode HTML.
Copyright © | Proudly powered by Blogger
DMCA.com Protection Status