Petunjuk Teknis (juknis) BOP RA Terbaru

Petunjuk Teknis (juknis) BOP RA Terbaru
Petunjuk Teknis (juknis) BOP RA Terbaru

Petunjuk Teknis BOP RA Terbaru 2016. BOP (bantuan operasional pendidikan) RA (raudlatul athfal) adalah program pemerintah berupa pemberian dana langsung kepada RA yang besarnya dihitung berdasarkan jumlah siswa pada masing-masing RA.

BOP RA merupakan biaya penyelenggaraan dan/atau pengelolaan pendidikan RA yang dapat digunakan oleh RA untuk memenuhi kebutuhan biaya operasinon personalia dan personalia. Secara detil jenis kegiatan yang boleh dibiayai dari dana BOP RA dibahas pada bagian penggunaan dana BOP RA.

Tujuan BOP RA


Secara umum program BOP RA bertujuan untuk mewujudkan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu bagi semua lapisan masyarakat dalam rangka mendukung Program PAUD.

Secara khusus program BOP bertujuan


  1. Membantu biaya operasional RA.
  2. Mengurangi angka putus sekolah pada RA.
  3. Meningkatkan Angka partisipasi Kasar (APK) siswa RA.
  4. Mewujudkan keberpihakan pemerintah (affirmative action) bagi siswa RA dari keluarga tidak mampu dengan membantu (discount fee) tagihan biaya sekolah.
  5. Memberikan kesempatan yang setara (equal opportunity) bagi siswa kurang mampu pada RA untuk mendapatkan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu.

Sasaran Program dan Besar Dana Bantuan BOP RA


Sasaran program BOP RA adalah semua RA di seluruh Indonesia yang telah memiliki izin operasional.

Besar biaya satuan BOP yang diterima oleh RA dihitung berdasarkan jumlah siswa per RA dengan besaran Rp 300.000,-/siswa/tahun. Jumlah besaran tersebut disalurkan dalam satu periode. Silahkan download pada link berikut ini:

Petunjuk Teknis BOP RA Terbaru

Untuk berkas SPJ BOP dalam format word excel bisa anda simak artikel ini

Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Amin...

Update Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Penyelenggara (BOP) Raudlatul Athfal (RA) Tahun 2018


Untuk update juknis bop ra 2018 bisa anda download pada artikel berikut:
Update juknis BOP RA 2018

Semoga bermanfaat
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya