Aplikasi Buku Keuangan Bendahara / Kas Umum Sekolah v4.00 Siap Cetak
Download RPP KTSP MA SMA Semua Mapel

Download RPP KTSP MA SMA Semua Mapel

Download RPP KTSP MA SMA Semua Mapel

Download RPP KTSP MA SMA Semua Mapel

RPP merupakan perangkat pembelajaran yang harus dibuat oleh seorang guru ketika proses kegiatan belajar mengajar dilaksanakan. RPP menjadi panduan bagi seorang guru dalam mengembangkan Kompetensi Dasar (KD) menjadi indikator, menentukan pengalaman belajar yang sesuai, materi pokok pembelajaran, menentukan bentuk, teknik dan instrument pembelajaran berdasarkan alokasi waktu dan sumber belajar.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencan Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk satu kali pertemuan atau lebih.

Langkah dalam menyusun RPP adalah:
  1. Menuliskan identitas
  2. Menuliskan kembali SK/ KD dan indikator yang telah ditentukan pada silabus
  3. Menentukan tujuan pembelajaran
  4. Menentukan Metode
  5. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran
Prinsip penyusunan kegiatan pembelajaran
  1. Kegiatan pembelajaran pada RPP dirinci menjadi kegiatan pendahuluan, kegiatan Inti, kegiatan penutup.
  2. Berpusat pada siswa. Kegiatan yang dirancang memberi kesempatan siswa untuk aktif mengamati model, menemukan ciri berdasarkan pengamatan, menggali informasi dari objek sekitar/nara sumber, berdiskusi, bermain peran, melakukan percobaan, melakukan keterampilan tertentu, aktif menilai karya teman/ karya sendiri, aktif saling bertanya, bermain game yang sesuai KD, aktif membuat karya secara berkelompok atau individu, latihan menerapkan konsep.
  3. Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan oleh peserta didik secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar (lihat pemetaan).
  4. Penentuan urutan kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan hierarki konsep materi pembelajaran.
  5. Rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal mengandung dua unsur penciri yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar siswa, yaitu kegiatan siswa dan materi.
RPP KLS 1 - RPP KLS 2 - RPP KLS 3

Share On :

Note :
  • Gunakan bahasa ramah lingkungan. Link promo masuk Spam
  • Jika tidak memiliki akun disqus, silahkan login dengan akun media sosial anda.
  • Gunakan parse tool untuk style teks dan kode HTML.
Copyright © | Proudly powered by Blogger
DMCA.com Protection Status