Aplikasi Buku Keuangan Bendahara / Kas Umum Sekolah v4.00 Siap Cetak
Cara Dan Teknik Penilaian Pembelajaran Anak PAUD TK RA

Cara Dan Teknik Penilaian Pembelajaran Anak PAUD TK RA

Cara Dan Teknik Penilaian Pembelajaran Anak PAUD TK RA

Cara Dan Teknik Penilaian Pembelajaran Anak PAUD TK RA

Beragam teknik dapat dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang perkembangan dan pertumbuhan anak di TK. Teknik mengumpulkan informasi tersebut pada prinsipnya adalah cara penilaian kemajuan perkembangan dan pertumbuhan anak berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai. Penilaian kompetensi dasar dilakukan berdasarkan indikator-indikator pencapaian hasil belajar yang memuat berbagai aspek perkembangan. Indikator-indikator pada setiap kompetensi dasar merupakan acuan yang digunakan untuk melakukan penilaian dengan menggunakan alat dan cara penilaian serta serangkaian prosedur.

a) Cara Penilaian

1) Pengamatan (Observasi)

Pengamatan (Observasi) adalah cara pengumpulan data untuk memperoleh informasi melalui pengamatan langsung terhadap bidang pengembangan pembiasaan (agama, moral, sosial emosional, dan kemandirian) dan bidang pengembangan kemampuan dasar (kemampuan berbahasa, kognitif, fisik/motorik, dan seni) yang dilakukan sehari-hari secara terus menerus.

Agar observasi lebih terarah maka diperlukan buku bantu atau kertas catatan yang dikembangkan oleh guru untuk mencatat hal-hal yang dianggap dianggap perlu dan yang dituangkan dalam RKH.

2) Catatan Anekdot (Anecdotal Record)

Catatan anekdot adalah catatan tentang sikap dan perilaku anak secara khusus yang terjadi pada anak secara insidental/tiba-tiba atau dalam situasi tertentu.

Contoh Format Catatan Anekdot TK RA

Contoh Format Catatan Anekdot TK RA

b) Teknik Penilaian

1. Unjuk Kerja (Performance)

Penilaian unjuk kerja merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengamati kegiatan anak dalam melakukan sesuatu, misalnya praktek menyanyi, olah raga, bermain peran, memperagakan seni. Penilaian unjuk kerja perlu mempertimbangkan aspek-aspek yang diamati agar dapat dinilai.

Teknik penilaian unjuk kerja dapat dilakukan dengan menggunakan alat atau format instrumen daftar cek atau skala penilaian. Contoh Penilaian Kinerja Bidang Pengembangan PEMBIASAAN: Pada indikator "Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan kegiatan"

2. Menggunakan Daftar Chek

Contoh format penilaian menggunakan daftar chek

Catatan :
  • = Anak yang belum mencapai indikator seperti diharapkan dalam RKH atau dalam melaksanakan tugas selalu dibantu guru.
  • √ = Anak menunjukkan kemampuan sesuai dengan indikator yang tertuang dalam RKH.
  • 0= Anak yang sudah melebihi indikator yang tertuang dalam RKH atau mampu melaksanakan tugas tanpa bantuan secara tepat/cepat/ lengkap/benar.

3. Menggunakan Skala Penilaian

Format Penilaian Bernyanyi
Format Penilaian Bernyanyi

Penjelasan:
Penilaian 1,2,3,dan 4, menunjukkan tingkatan nilai yang diperoleh
  • 1 = belum berkembang
  • 2 = sudah berkembang
  • 3 = berkembang
  • 4 = memiliki bakat khusus
Jika seorang anak memperoleh skor 24 dapat ditetapkan "memiliki bakat khusus dalam bernyanyi".

4. Hasil Karya (Product)

Hasil karya adalah hasil kerja anak setelah melakukan suatu kegiatan dapat berupa pekerjaan tangan atau karya seni. Penilaian hasil karya anak tidak diperoleh dari hasil akhir saja tetapi juga proses pembuatannya.

Contoh format penilaian Produk : Contoh Penilaian Produk Bidang Pengembangan FISIK MOTORIK Pada indikator "Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough, tanah liat"

Contoh format penilaian hasil karya TK RA

Contoh format penilaian hasil karya TK RA

Share On :

Note :
  • Gunakan bahasa ramah lingkungan. Link promo masuk Spam
  • Jika tidak memiliki akun disqus, silahkan login dengan akun media sosial anda.
  • Gunakan parse tool untuk style teks dan kode HTML.
Copyright © | Proudly powered by Blogger
DMCA.com Protection Status