KI dan KD Serta Silabus Semua Mapel Umum MA SMA SMK Kurikulum 2013

KI dan KD Serta Silabus Semua Mapel Umum MA SMA SMK Kurikulum 2013

KI dan KD Serta Silabus Semua Mapel Umum MA SMA SMK Kurikulum 2013


KI dan KD Serta Silabus Mapel Umum MA SMA SMK Kurikulum 2013 yang sudah di revisi tahun 2017. Mata pelajaran umum disini meliputi mapel pendidikan kewarganegaraan (PKn), bahasa indonesia, matematika, sejarah, bahasa inggris seni budaya dan ketemapilan (SBK), pendidikan jasmani dan rohani olahraga dan kesehatan (penjasorkes), prakarya, fisika, kimia, biologi, geografi, ekonomi, dan lain-lain.

Pembelajaran dirancang sebagai wahana untuk mengembangkan keterampilan abad 21 melalui mata pelajaran serta memperkuat upaya perubahan cara pandang (mindset) para guru untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif  dalam mengelola dan mengembangkan pembelajaran.

Kompetensi, materi, dan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dikembangkan melalui pertimbangan kepentingan hidup bersama secara damai dan harmonis (to live together in peace and harmony). Pembelajaran dilaksanakan berbasis aktivitas pada kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. Penumbuhan dan pengembangan sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran, pembiasaan, keteladanan, dan pembudayaan untuk mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. Sekolah sebagai taman yang menyenangkan untuk tumbuh berkembangnya pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa yang menempatkan pengetahuan sebagai perilaku (behavior), tidak hanya berupa hafalan atau verbal.

Kompetensi Dasar Mata Pelajaran umum disusun sesuai dengan Kompetensi Inti tiap kelas. Kompetensi inti dirancang seiring dengan meningkatnya usia peserta didik pada kelas tertentu. Melalui kompetensi inti, integrasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada kelas yang berbeda dapat dijaga. Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut:
  1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
  2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
  3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
  4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan

Pengorganisasian ruang lingkup materi umum dikembangkan sesuai dengan prinsip mendalam dan meluas, mulai dari jenjang SD/MI sampai dengan jenjang SMA/MA/SMK. Prinsip mendalam berarti materi umum dikembangkan dengan materi pokok sama, namun semakin tinggi tingkat kelas atau jenjang semakin mendalam pembahasan materi. Prinsip meluas berarti lingkungan materi dari keluarga, teman pergaulan, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara, serta pergaulan dunia. Kedalaman dan keluasan materi dapat dilihat dari rumusan kompetensi dasar.

Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proses Keilmuan (Scientific Approach) yang dipersyaratkan dalam kurilukum 2013 memusatkan perhatian pada proses pembangunan pengetahuan (KI-3, keterampilan (KI–4), sikap spiritual (KI-1) dan sikap sosial (KI-2) melalui transformasi pengalaman empirik dan pemaknaan konseptual. Pendekatan tesebut memiliki langkah generik sebagai berikut:

  1. Mengamati (observing),
  2. Menanya (questioning),
  3. Mengeksplorasi/mencoba (exploring),
  4. Mengasosiasi/menalar (assosiating)
  5. Mengkomunikasikan (comunicating)

Pada setiap langkah dapat diterapkan model pembelajaran yang lebih spesifik, misalnya:

  1. untuk mengamati antara lain dapat menggunakan model menyimak dengan penuh perhatian;
  2. untuk menanya antara lain dapat menggunakan model bertanya dialektis/mendalam;
  3. untuk mengeksplorasi antara lain dapat menggunakan model kajian dokumen historis;
  4. untuk menalar antara lain dapat menggunakan model diskusi peristiwa publik;
  5. untuk mengkomunikasikan antara lain dapat menggunakan model presentasi gagasan di depan publik (public hearing).

Kegiatan belajar dan pembelajaran menekankan pada hal-hal antara lain sebagai berikut:

  1. Meningkatkan rasa keingintahuan (Foster a sense of wonder) terkait hal-hal baik yang bersifat empirik maupun konseptual;
  2. Meningkatkan keterampilan mengamati (Encourage observation) dalam konteks yang lebih luas, bukan hanya yang bersifat kasat mata tetapi juga yang syarat makna;
  3. Melakukan analisis (Push for analysis) untuk mendapatkan keyakinan nilai dan moral yang berujung pada pemilikan karakter tertentu dan
  4. Berkomunikasi (Require communication), baik yang bersifat intrapersonal (berkomunikasi dalam dirinya) / kontemplasi maupun interpersonal mengenai hal yang terpikirkan maupun yang bersifat meta kognitif.

Dan semua file KI dan KD serta silabus semua mata pelajaran ini Nom Ifrod bagikan dalam bentuk format ms word yang bisa anda unduh pada link di bawah ini:

Download
Seorang blogger yang baik, selalu menyertakan URL sumber saat mengcopy paste postingan orang lain.

Share On :

Copyright © | Proudly powered by Blogger