Silabus Mapel PAI dan Bahasa Arab MTs Kelas 7 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Mapel PAI dan Bahasa Arab MTs Kelas 7 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Silabus Mapel PAI dan Bahasa Arab MTs Kelas 7 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017


Setelah kemarin saya membagikan silabus pai untuk MI, kali ini giliran silabus untuk madrasah tsanawiyah (MTs) kelas 7 dan 8 menggunakan kurikulum 2013 untuk mata pelajaran (mapel) fiqih, akidah akhlak, alquran hadits, ski, bahasa arab. Dan sudah di revisi tahun 2017 terbaru saat ini. Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.

Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus ini merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan kemampuan peserta didik.

Pendidikan Agama Islam dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam hal keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pendidikan ini kemudian dirumuskan secara khusus dalam Pendidikan Agama Islam sebagai berikut:

  1. menumbuhkembangkan aqidah melalui pemberian, pembinaan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang Agama Islam sehingga menjadi muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah Swt; dan
  2. mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam kehidupan sebagai warga masyarakat, warga negara, dan warga dunia.

Pengembangan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diperkuat melalui pengkondisian aktivitas berupa interaksi peserta didik baik di lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat, dan pergaulan dunia yang terintegrasi dalam proses pembelajaran di kelas. Pada jenjang SMP kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dikembangkan untuk mengembangkan praktik-praktik dalam pengamalan ajaran agama.

Untuk selengkapnya, Nom Ifrod bagikan file unduhan yang bisa anda pilih per mapel perkelas pada link di bawah ini:

alQuran hadits kls VII
alQuran hadits kls VIII
akidah akhlak kls VII
akidah akhlak kls VIII
fiqih kls VII
fiqih kls VIII
Bhs Arab kls VII
Bhs Arab kls VIII
SKI kls VII
SKI kls VIII
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Hanya ahli tidur yang ingin berbagi saat bangun, itu saja!!!