RPP Prota Promes Revisi 2017 SD Kelas 2 PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013

RPP Prota Promes Revisi 2017 SD Kelas 2 PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013

RPP Prota Promes Revisi 2017 SD Kelas 2 PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013


RPP Prota Promes SD Kelas 2 PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013. Perangkat pembelajaran memang sangat dibutuhkan untuk membuat program rencana pembelajaran yang optimal. Karena dengan adanya perangkat pembelajaran selain sebagai petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan; juga bermanfaat sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang; pedoman kerja bagi setiap unsur, baik unsur guru maupun murid; alat ukur efektif tidaknya suatu pekerjaan, sehingga setiap saat diketahui ketepatan dan kelambatan kerja; untuk bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja; dan untuk menghemat waktu, tenaga, alat-alat dan biaya.

Selain RPP Prota dan Promes, dalam file perangkat ini juga terdapat contoh format agenda harian, dan persiapan pembelajaran untuk tema 1 sampai 12 beserta subtema masing-masing.

Melalui perencanaan pembelajaran yang baik, guru akan lebih mudah dalam melaksanakan pembelajaran dan siswa akan lebih terbantu dan mudah dalam melaksanakan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pesert a didik, sekolah, mata pelajaran, dan sebagainya.

Dengan perencanaan yang matang dapat mendorong guru lebih siap melakukan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, setiap akan melakukan pembelajaran, guru wajib melakukan perencanaan. Dengan adanya perencanaan yang baik, maka pelaksanaan pembelajaran akan dapat berjalan lancar, terarah, dan sistematis. Hal ini dapat tercapai karena kompetensi dasar, materi pokok, indikator, pengalaman belajar, alokasi waktu, sumber, langkah-langkah pembelajaran, dan rencana penilaian telah dirumuskan dengan baik dan digambarkan dengan jelas.

Tujuan RPP menurut Kunandar (2011: 264) adalah untuk: (1) mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar; (2) dengan menyusun RPP secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.

RPP Prota Promes SD Kelas 2 PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013

Kunandar (2011: 264) mengatakan bahwa fungsi RPP adalah sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar (kegiatan pembelajaran) agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. Dengan kata lain RPP berperan sebagai skenario proses pembelajaran. Oleh karena itu, RPP hendaknya bersifat luwes (fleksibel) dan memberi kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikannya dengan respons siswa dalam proses pembelajaran sesungguhnya.

Baca juga:

Share On :