Buku Panduan Penanaman Sikap Peserta Didik PAUD RA TK

Buku Panduan Penanaman Sikap Peserta Didik PAUD RA TK
Buku Panduan Penanaman Sikap Peserta Didik PAUD RA TK

Perkembangan ilmu dan teknologi yang demikian cepat menjadikan persaingan sumber daya manusia demikian tajam makin mengukuhkan bahwa pendidikan di masa depan tidak hanya membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan semata, tetapi yang sangat penting adalah pengembangan karakter yang kuat, gigih, dan kreatif. Dalam pola pengembangan sumber daya manusia yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sangat jelas bahwa pendidikan di setiap jenjang mengembangkan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan dengan komposisi yang berbeda. Semakin awal jenjang pendidikan tersebut semakin besar komposisi pengembangan kompetensi sikap.

Sebagai jenjang pendidikan yang paling dasar, Pendidikan Anak Usia Dini diharapkan menjadi fondasi kuat untuk membentuk sikap dan karakter peserta didik. Implementasinya dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, membangun karakter anak dilakukan dengan penanaman sikap melalui pengembangan kompetensi sikap. Pengembangan kompetensi sikap bukan hanya sebagai dampak ikutan (nurturan) dari pengembangan pengetahuan dan keterampilan, melainkan komponen yang harus direncanakan secara lebih matang dan mendalam yang dilaksanakan secara terus menerus sehingga membentuk kebiasaan lebih lanjut menjadi perilaku yang akhirnya menjadi sikap dan karakter baik.

Pengembangan kompetensi sikap memerlukan proses yang konsisten dalam jangka waktu lama. Namun, pelaksanaannya tetap disesuaikan dengan cara belajar anak usia dini yang dilaksanakan melalui kegiatan menyenangkan dan bermakna.

Hal terpenting dalam pengembangan kompetensi sikap adalah keteladan dari tim guru yang menjadi model bagi anak didik. Tanpa keteladanan pengembangan sikap baik akan menjadi sia-sia. Mengingat begitu pentingnya penanaman sikap dalam proses penerapan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, maka dipandang perlu adanya panduan yang dapat dijadikan contoh inspiratif bagi para guru dalam menanamkan sikap anak didik di Satuan PAUD masing-masing.

Penanaman sikap pada pendidikan anak usia dini memiliki peran yang sangat penting dalam membangun karakter anak sejak dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Penanaman sikap ini menjadi prioritas utama dibandingkan dengan pengembangan pengetahuan dan keterampilan. Dalam kurikulum 2013 PAUD pengembangan kompetensi sikap mencakup seluruh aspek perkembangan, artinya sikap berada di aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial–emosional, bahasa, dan seni. Di dalam struktur kurikulum 2013 PAUD pengembangan kompetensi sikap meliputi kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.

Semua itu akan dijelaskan satu per satu untuk beberapa poin berikut yang terdapat dalam buku pedoman ini:
  1. Penanaman Sikap dalam Kurikulum 2013 PAUD
  2. Kompetensi Sikap dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  3. Kompetensi Sikap Apa Saja dalam Kurikulum 2013 PAUD
  4. Bagaimana Memaknai Setiap KD Sikap
  5. Penanaman Sikap Sejak Usia Dini
  6. Apa Peran Orangtua dalam Menanamkan Sikap
  7. Peran Guru dalam Penanaman Sikap
  8. Penanaman Sikap dalam Rencana Pembelajaran
  9. Bagaimana Perencanaannya
  10. Strategi Penanaman Sikap dalam Kegiatan Pembelajaran PAUD
  11. Bagaimana Pembudayaannya
  12. Bagaimana Penilaian Hasil Penanaman Sikap

Itu saja sih dari Nom Ifrod tentang Buku Panduan Penanaman Sikap Peserta Didik PAUD RA TK yang bisa anda unduh pada link dibawah ini:

Buku Panduan Penanaman Sikap Peserta Didik PAUD RA TK

Demikian daria kami, semoga bermanfaat...
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya