Salah dan lupa menjadi salah satu sifat manusia. Saya, Ifrod maksum admin blog NomIfrod.com mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin Taqabalallahu minnaa wa minkum MEMOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN. Selamat hari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1439 H.

×

Petunjuk Teknis Bantuan Siswa Miskin (BSM) SMA SMK Terbaru Format PDF


Petunjuk Teknis Bantuan Siswa Miskin (BSM) SMA SMK Terbaru Format PDF. Salah satu permasalahan pendidikan saat ini adalah masih tingginya Angka Putus Sekolah (APS). Data menunjukkan bahwa usia 16-18 tahun yang seharusnya berada di bangku SMA sederajad, ternyata 67,9 persen tidak sekolah. Angka Partisipasi Kasar (APK) masih di bawah rerata nasional. Sementara, Angka Putus Sekolah (APS) semakin meningkat secara nasional.

Fakta di atas menunjukkan fenomena sosial bahwa semakin miskin masyarakat akan semakin sulit untuk mengakses pendidikan. Hal tersebut diperkuat dengan fakta bahwa disparitas angka partisipasi pendidikan antar daerah masih cukup tinggi. Pencapaian APK suatu provinsi sangat berkorelasi dengan tingkat kemiskinan provinsi. Semakin miskin suatu provinsi cenderung semakin rendah APK-nya.

Permasalahan masyarakat miskin adalah tingginya biaya pendidikan, baik biaya langsung maupun tidak langsung. Biaya langsung meliputi antara lain, iuran sekolah, buku, pakaian/seragam, dan alat tulis, sementara biaya tidak langsung meliputi biaya transportasi, uang saku, dan biaya lain-lain.

Bantuan Siswa Miskin (BSM) bagi SMA, SMK dan SLB, baik untuk kelas X, XI dan XII, merupakan salah satu alternatif untuk memberi peluang bagi lulusan SMP/MTs atau yang sederajat dari keluarga kurang mampu untuk mengikuti pendidikan di Sekolah Menengah Atas dan sederajad, di samping upaya pencegahan kemungkinan putus sekolah.

Sepuluh ribu ( 10.000 ) siswa miskin SMA, SMK dan SLB yang mendapatkan BSM masing-masing nilai Rp. 1.000.000,00 (satu juta rupiah) memang belum signifikan untuk menuntaskan masalah putus sekolah atau menaikkan APK dan APM SMA, SMK dan SLB supaya masyarakat kurang mampu dapat dirasakan manfaatnya.

Melalui Program Bansos Bantuan Siswa Miskin (BSM) akan semakin memberikan motivasi kepada masyarakat sebagai pemangku kepentingan untuk meningkatkan peran sertanya dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pembiayaan pendidikan, sehingga APK dan APM SMA, SMK dan SLB semakin meningkat dan Angka Putus Sekolah (APS) SMA, SMK dan SLB semakin berkurang.

Tujuan program Bantuan Sosial Bantuan Siswa Miskin


  1. Memberi peluang bagi lulusan SMP/MTs atau yang sederajat dari keluarga kurang mampu untuk mengikuti pendidikan di Sekolah Menengah Atas;
  2. Mencegah siswa kurang mampu SMA, SMK dan SLB dari kemungkinan putus sekolah akibat kesulitan biaya pendidikan;
  3. Memberikan peluang dan kesempatan yang lebih besar kepada siswa kurang mampu SMA, SMK dan SLB untuk terus bersekolah hingga menyelesaikan pendidikannya.

Download Petunjuk Teknis Bantuan Siswa Miskin (BSM) SMA SMK Terbaru Format PDF


Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Juknis BSM SMA SMK Terbaru Format PDF

Demikian dari kami tentang Petunjuk Teknis Bantuan Siswa Miskin (BSM) SMA SMK Terbaru Format PDF, semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Amin...

Referensi: www.abdimadrasah.com

Buka Komentar Tutup Komentar