Skip to main content

follow us

Buku Guru dan Siswa Mapel Matematika MA SMA Kelas X Kurikulum 2013


Buku Guru dan Siswa Mapel Matematika MA SMA Kelas X Kurikulum 2013. Matematika adalah bahasa universal untuk menyajikan gagasan atau pengetahuan secara formal dan presisi sehingga tidak memungkinkan terjadinya multi tafsir. Penyampaiannya adalah dengan membawa gagasan dan pengetahuan konkret ke bentuk abstrak melalui pendefinisian variabel dan parameter sesuai dengan yang ingin disajikan. Penyajian dalam bentuk abstrak melalui matematika akan mempermudah analisis dan evaluasi selanjutnya.

Permasalahan terkait gagasan dan pengetahuan yang disampaikan secara matematis akan dapat diselesaikan dengan prosedur formal matematika yang langkahnya sangat presisi dan tidak terbantahkan.

Karenanya matematika berperan sebagai alat komunikasi formal paling efisien. Perlu kemampuan berpikir kritis-kreatif untuk menggunakan matematika seperti uraian diatas: menentukan variabel dan parameter, mencari keterkaitan antar variabel dan dengan parameter, membuat dan membuktikan rumusan matematika suatu gagasan, membuktikan kesetaraan antar beberapa rumusan matematika, menyelesaikan model abstrak yang terbentuk, dan mengkonkretkan nilai abstrak yang diperoleh.

Buku Matematika Kelas X untuk Pendidikan Menengah ini disusun dengan tujuan memberi pengalaman konkret-abstrak kepada peserta didik seperti uraian diatas. Pembelajaran matematika melalui buku ini akan membentuk kemampuan peserta didik dalam menyajikan gagasan dan pengetahuan konkret secara abstrak, menyelesaikan permasalahan abstrak yang terkait, dan berlatih berfikir rasional, kritis dan kreatif.

Sebagai bagian dari Kurikulum 2013 yang menekankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan, kemampuan matematika yang dituntut dibentuk melalui pembelajaran berkelanjutan: dimulai dengan meningkatkan pengetahuan tentang metode-metode matematika, dilanjutkan dengan keterampilan menyajikan suatu permasalahan secara matematis dan menyelesaikannya, dan bermuara pada pembentukan sikap jujur, kritis, kreatif, teliti, dan taat aturan.

  1. Peta Konsep Matematika SMA Kelas X
  2. Eksponen dan Logaritma .
  3. Kompetensi Dasar dan Pengalaman Belajar .
  4. Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Akar
  5. Operasi Perkalian dan Pembagian Bentuk Akar
  6. Merasionalkan Penyebut Berbentuk Akar .
  7. Persamaan dan Pertidaksamaan Linear .
  8. Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear
  9. Menentukan Himpunan Penyelesaian Sistem
  10. Persamaan Linear Dua Variabel
  11. Menentukan Himpunan Penyelesaian Sistem
  12. Persamaan Linear Tiga Variabel
  13. Memahami Operasi Sederhana Matriks serta Menerapkannya dalam Pemecahan Masalah
  14. Operasi Hitung pada Matriks

Download Buku Guru dan Siswa Mapel Matematika MA SMA Kelas X Kurikulum 2013



Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Buku Guru dan Siswa Matematika MA SMA Kurikulum 2013

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, peserta didik diberanikan untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersedian kegiatan pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Semoga bermanfaat...
Buka Komentar