Skip to main content

follow us

Buku Guru dan Siswa Kelas X MA SMA Mapel PJOK Kurikulum 2013


Buku Guru dan Siswa Kelas X MA SMA Mapel PJOK Kurikulum 2013. Buku ini dilengkapi dengan Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, Penilaian, Remedial dan Pengayaan, dan Penilaian Kemajuan Belajar Siswa (Nilai Harian)

Mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan termasuk mata pelajaran kelompok B di dalam struktur kurikulum 2013, yaitu kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi dengan konten kearifan lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah, pola penerapannya dapat dengan integrasi dengan kompetensi dasar yang sudah termuat di dalam kurikulum SMA/MA, atau dapat menambahkan kompetensi dasar tersendiri.

Dalam stuktur kurikulum mata pelajaran PJOK alokasi waktu 3 jam pelajaran setiap minggu, dimana alokasi waktu jam pembelajaran setiap kelas merupakan jumlah minimal yang dapat ditambah sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Struktur Kurikulum 2013 ini, mata pelajaran PJOK memiliki konten memberi sumbangan mengembangkan kompetensi gerak dan gaya hidup sehat, dan memberi warna pada pendidikan karakter bangsa.

Pembelajaran PJOK dengan kearifan lokal akan memberi apresiasi terhadap multikultural yaitu mengenal permainan dan olahraga tradisional yang berakar dari budaya suku bangsa Indonesia dan dapat memberi sumbangan pada pembentukan karakter.

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan ditekankan untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap mental, emosional, sportivitas, spiritual, dan sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang. Selain tujuan utama tersebut dimungkinkan adanya tujuan pengiring, tetapi porsinya tidak dominan.

Download Buku Guru dan Siswa Kelas X MA SMA Mapel PJOK Kurikulum 2013


Buku guru dan siswa ini membahas tentang:

  1. Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak permainan bola besar
  2. Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak permainan bola kecil
  3. Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak atletik
  4. Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak beladiri
  5. Menganalisis konse latihan dan pengukuran kebugaran jasmani
  6. Menganalisis rangkaian keterampilan senam
  7. Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak ritmik
  8. Menganalisis keterampilan gerak renang
  9. Menganalisis jenis makanan terkait kesehatan dan pertumbuhan
  10. Menganalisis peran aktivitas fisik terhadap pencegahan penyakit dan pengurangan biaya kesehatan

Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Buku guru dan siswa Pjok

Mengingat tantangan yang berat bagi seorang guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan untuk menjalankan profesinya dalam Implementasi Kurikulum 2013. Maka Kurikulum 2013 dikembangkan dengan penyempurnaan pola pikir, sebagai berikut:

  1. Pola pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada peserta didik. Peserta didik harus memiliki pilihan-pilihan terhadap materi yang dipelajari untuk memiliki kompetensi yang sama.
  2. Pola pembelajaran satu arah (interaksi guru-peserta didik) menjadi pembelajaran interaktif (interaktif guru-peserta didik-masyarakat lingkungan alam, sumber/media lainnya).
  3. Pola pembelajaran terisolasi menjadi pembelajaran secara jejaring (peserta didik dapat menimba ilmu dari siapa saja dan dari mana saja yang dapat dihubungi serta diperoleh melalui internet);
  4. Pola pembelajaran pasif menjadi pembelajaran aktif-mencari (pembelajaran peserta didik aktif mencari semakin diperkuat dengan model pembelajaran pendekatan sains);
  5. Pola belajar sendiri menjadi belajar kelompok (berbasis tim);
  6. Pola pembelajaran alat tunggal menjadi pembelajaran berbasis alat multimedia;
  7. Pola pembelajaran berbasis massal menjadi kebutuhan pelanggan (users) dengan memperkuat pengembangan potensi khusus yang dimiliki setiap peserta didik;
  8. Pola pembelajaran ilmu pengetahuan tunggal (monodiscipline) menjadi pembelajaran ilmu pengetahuan jamak (multidisciplines); dan
  9. Pola pembelajaran pasif menjadi pembelajaran kritis.

Sekian dari saya semoga bermanfaat...
Buka Komentar