Skip to main content

follow us

Edisi Revisi 2018 Buku Matematika Kelas 5 SD MI Kurikulum 2013


Download Buku Matematika Kelas 5 SD MI Kurikulum 2013 yang memuat tentang Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan, Perkalian Dan Pembagian Pecahan, Perbandingan, Skala, Bangun Ruang, Jaring-Jaring Bangun Ruang.

Dari yang saya sebutkan diatas, berikut penjelasan dari isi buku matematika kelas 5 kurikulum 2013 ini:

Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan


Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali kita menjumpai masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Misalkan, jual beli sembako, pembagian harta warisan, komposisi dan bahan untuk membuat kue. Masalah-masalah tersebut membutuhkan keterampilan dalam menjumlahkan dan mengurangkan pecahan. Oleh karena itu kemampuan untuk menguasai materi penjumlahan dan pengurangan pecahan sangat penting.

Perkalian Dan Pembagian Pecahan


Dalam konteks perkalian dan pembagian dengan objek bilangan bulat positif secara umum mudah untuk dipahami bahwa perkalian mengakibatkan kuantitas bertambah banyak (berkali lipat), sedangkan pembagian mengakibatkan kuantitas berkurang (terbagi). Apakah hal terebut juga berlaku pada operasi perkalian dan pembagian pada bilangan pecahan? Untuk mendapatkan jawabannya, mari kita mempelajari lebih lanjut tentang perkalian dan pembagian dengan objek bilangan pecahan.

Perbandingan


Secara tidak langsung, dalam aktivitas tersebut kita telah membandingkan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai dua tempat berbeda. Kemudian dalam kegiatan bekerja kelompok, misalnya suatu pekerjaan normalnya membutuhkan 4 orang untuk mengerjakannya dalam waktu sekian hari. Bagaimana jika pekerjaan tersebut ingin dikerjakan dalam waktu lebih singkat. Tentu kita membutuhkan tambahan orang untuk mengerjakannya. Aktivitas-aktivitas tersebut terkait erat dengan perbandingan. Dari beberapa contoh tersebut, kita dapat memahami bahwa materi perbandingan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga penting bagi kita untuk mempelajarinya.

Skala


Skala adalah salah satu bentuk perbandingan besaran. Besaran yang dibandingkan adalah besaran panjang dengan besaran panjang. Misalkan dituliskan skala 1 : 10, bermakna bahwa 1 cm pada gambar mewakili 10 cm pada kondisi sesungguhnya. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai skala pada peta, denah lokasi, sketsa tanah, sketsa bangunan, dan lain-lain. Skala sangat membantu kita dalam menyederhanakan peta lokasi suatu tempat.

Bangun Ruang


Perhatikan benda-benda di sekitar kita seperti batu bata, korek api, kotak tisu, kardus, kotak susu, kotak kue, kotak nasi, bak mandi, buku, lemari, kulkas, kontainer, penghapus, atau ruang kelas. Jika kita perhatikan, bangun-bangun ruang tersebut berbentuk balok dan kubus. Masih banyak lagi bangun ruang berbentuk balok dan kubus yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Coba amati.

Download Edisi Revisi 2018 Buku Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013


Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Download

Jaring-Jaring Bangun Ruang


Perhatikan gambar di atas. Gambar di atas merupakan gedung-gedung tertinggi di dunia. Kalau kita perhatikan, gedung-gedung di atas tersusun dari bangun ruang. Untuk membangun gedung setinggi itu tentu perlu perencanaan dan desain yang bagus dan efisien. Satu kemampuan yang harus dimiliki untuk membuat desain suatu bangunan adalah membuat jaring-jaring bangun ruang dan geometri secara utuh.

Demikian tentang Buku Matematika Kelas 5 SD MI Kurikulum 2013, semoga bermanfaat...
Buka Komentar