Skip to main content
NOM IFROD

Membuat Media Pembelajaran Dengan Canva Untuk Pendidikan

Canva untuk Pendidikan adalah program Canva untuk para guru dan muridnya sehingga dapat menggunakan desain-desain Canva, termasuk yang premium, secara gratis.

Agar murid mendapatkan akun Canva untuk Pendidikan, guru perlu terlebih dahulu mendaftar di https://www.canva.com/id_id/pendidikan/. Tanpa guru mendapatkan akun Canva untuk Pendidikan, murid tidak bisa mengakses program ini juga. Setelah akun guru aktif, guru bisa menambahkan muridnya dalam kelas Canva milik guru.

Dengan menggunakan Canva, guru bisa menyiapkan media pembelajaran untuk murid-muridnya. Media pembelajaran ini bisa dipakai untuk pengajaran online maupun offline di sekolah.

Apa saja yang bisa dibuat dengan menggunakan program ini ?

Berikut beberapa contohnya :

1. Poster

Poster bisa dipakai untuk guru menekankan pembelajaran pada hal tertentu. Misalnya dalam materi sains, Lingkungan, yang membahas sampah. Agar mudah diingat oleh para siswa, misalnya tentang membuang sampah, guru bisa membuat poster.

Selain itu, membuat poster juga bisa menjadi tugas untuk para siswa. Tugas poster dapat dipakai di mata pelajaran apa pun. Hanya penekanan tiap pelajaran yang berbeda. Misalnya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, membuat kata-kata untuk poster yang lebih ditekankan.

Dengan menggunakan Canva, membuat poster sudah ada desain-desainnya, tinggal mengubah tulisan, warna yang diinginkan atau juga bisa menambah gambar dari luar ke desainnya.

2. Membuat Jadwal Pelajaran

Setiap kelas pasti membutuhkan jadwal pelajaran dan tiap kelas biasanya mempunyai jadwal kelas yang berbeda-beda. Canva memiliki banyak desain jadwal pelajaran yang menarik. Guru maupun siswa bisa menggunakannya, baik untuk dicetak dan ditempel di dinding kelas atau rumah. Bisa juga dibagikan ke para wali murid.

3. Storyboard

Storyboard bisa digunakan untuk penjelasan oleh guru di dalam pengajaran online maupun offline. Bisa juga sebagai alat bantu story telling.

Di Canva ada banyak template storyboard yang bisa dipakai. Tinggal mengganti gambar dan tulisan sesuai dengan yang dibutuhkan, storyboard sudah jadi.

Siswa juga bisa menggunakan storyboard untuk tugas-tugas yang membutuhkan presentasi di depan teman-teman dan gurunya

4. Infografis

Infografis sangat cocok dipakai untuk penjelasan atas sebuah proses atau sistem. Misalnya dalam pelajaran sains, penjelasan proses fotosintesis atau peristiwa metamorfosis hewan seperti ulat menjadi kupu-kupu.

Atau ingin membuat peraturan di sekolah agar menarik siswa untuk membacanya juga bisa menggunakan infografis.

Memberi tugas kepada siswa untuk membuat infografis dari materi yang dipelajarinya akan sangat menarik. Siswa bisa bebas berkreasi, yang pada akhirnya membuat pemahaman akan materi pelajaran menjadi lebih baik.

5. Presentasi

Canva juga menyediakan template-template presentasi. Seperti pada aplikasi offline presentasi yaitu Powerpoint, di Canva juga bisa dijalankan slide presentasinya.

Presentasi di Canva selain dapat digunakan online, juga dapat didownload sebagai file pdf atau gambar. Dengan file gambar atau pdf, lebih mudah presentasi dibagikan, misalnya ke wali murid siswa.

6. Membuat Flash Card

Salah satu cara untuk mudah menghafal sesuatu adalah dengan membuat flash card. Biasanya flash card dipakai anak-anak untuk menghafal huruf, angka maupun kata bahasa asing. Guru bisa membuat bermacam-macam flash card untuk media pembelajarannya.

Bila siswa membutuhkan belajar untuk menghafal sesuatu yang sulit, siswa SMP atau SMA bisa membuat sendiri flash card-nya. Misalnya unsur-unsur kimia dalam sistem periodik, 1 unsur periodik mempunyai beberapa rincian seperti simbol unsur, golongan, berat atom, dsb.

7. Bingo

Bingo dapat digunakan sebagai permainan yang menarik dalam kelas. Dengan membuat Bingo bergambar dan berwarna warni akan membuat anak lebih mudah mengingat materi pelajaran sekolah.

Terutama untuk anak sekolah SD, Bingo efektif digunakan untuk metode pengajaran. Contohnya belajar matematika tentang pecahan. Pada kartu bingo, terdapat aneka lingkaran dengan pecahan yang berbeda-beda. Siswa diminta menulis pecahan berapa pada tiap kotak Bingo.

****

Masih banyak aktifitas pembelajaran lain yang bisa dieksplor dengan menggunakan Canva. Setiap mata pelajaran bisa memanfaatkan desain-desain di Canva untuk memudahkan mengajar ke siswa maupun agar siswa bisa membuat tugasnya dengan menarik

Di Canva, guru maupun siswa juga bisa membuat video dengan template-template video dari Canva. Apalagi dengan kondisi pembelajaran yang harus dilakukan di rumah, salah satu tugas bersama yang bisa dilakukan adalah membuat video, agar tetap ada interaksi di antara siswa.

You Might Also Like: