Kedudukan Program Keterampilan di Madrasah Aliyah

Kedudukan Program Keterampilan di Madrasah Aliyah

Kedudukan Program Keterampilan di Madrasah Aliyah


Kedudukan Program Keterampilan di Madrasah Aliyah. Program keterampilan di Madrasah Aliyah merupakan program tambahan sebagai bentuk tambahan lintas minat di Madrasah Aliyah penyelenggara program keterampilan. Program ini bukan merupakan Madrasah Aliyah kejuruan. Oleh karena itu, Madrasah Aliyah penyelenggara program keterampilan ini menggunakan struktur kurikulum yang berlaku di Madrasah Aliyah pada umumnya, dan peserta didik memperoleh tambahan pembelajaran keterampilan sesuai dengan minat masing-masing peserta didik.

Program keterampilan yang diselenggarakan di Madrasah Aliyah masuk dalam beban belajar / struktur kurikulum Madrasah Aliyah pada mata pelajaran prakarya / kewirausahaan dengan jumlah jam per minggu 2 jam pelajaran, dan untuk Madrasah Aliyah penyelenggara program keterampilan ditambah materi minat keterampilan dengan jumlah jam per minggu 6 jam pelajaran. Apabila dipandang bahwa dari alokasi beban belajar tersebut masih perlu tambahan sesuai kebutuhan, maka Madrasah dapat menambah sesuai kondisi Madrasah masing-masing.

Untuk memperoleh hasil maksimal program ini harus terintegrasi dengan kurikulum dan harus dipastikan bahwa program keterampilan di Madrasah Aliyah tidak mengurangi jumlah jam dari mata pelajaran yang ada. Dengan pola ini, diharapkan program keterampilan menghasilkan output seperti yang diharapkan. Yakni siswa yang memiliki kompetensi sesuai dengan standar minimal yang dipersyaratkan oleh dunia usaha / dunia industri terkait.

Pelaksanaan program keterampilan di Madrasah Aliyah ini diberikan selama 3 tahun pembelajaran dan dapat dilengkapi dengan pemagangan dan sertifikasi keahlian.

Jenis program keterampilan yang dikembangkan di Madrasah Aliyah Terdiri dari 3 (tiga) kelompok utama, yaitu: teknologi, kejuruaan, dan pertanian / kelautan.

Kelompok program teknologi


Operator kompoter
Perbaikan dan perawatan komputer
Teknik komputer dan jaringan
Teknik elektronika komunikasi
Teknik pendingin
Teknik otomotif
Teknik perbaikan dan perawatan sepeda motor
Teknik perbaikan dan perawatan motor perahu tempel
Teknik elektro / listrik
Teknik pengelasan
Teknik desain dan produk furniture
Teknik mekatronika
Teknik desain arsitektur
Teknik multimedia

Kelompok program kejuruan


Tata busana
Tata boga
Kesekretarisan
Akutansi komputer
Tata rias
Kriya tekstil / batik

Kelompok program pertanian / kelautan


Budi daya ternak unggas
Budi daya ternak ikan air tawar
Budi daya hasil laut
Budi daya ternak mamalia
Penanganan dan pengolahan hasil pertanian

Baca juga:

Share On :