Contoh Dokumen Administrasi Sekolah

Contoh Dokumen Administrasi Sekolah
Contoh Dokumen Administrasi Sekolah

Contoh Dokumen Administrasi Sekolah. Penyusunan buku Standar Dokumen Administrasi Madrasah (Madrasah Administration Document Standards) ini bermula dari sebuah keprihatinan atas lemahnya sistem tata kelola administrasi madrasah.

Dokumen/template yang ada di buku ini bukanlah format baku yang bersifat final, tetapi dokumen/template yang ada dalam buku ini hanya merupakan contoh/model format minimal yang bersifat fleksibel dalam arti dapat disesuaikan dan dikembangkan sesuai dengan kondisi, kebutuhan, dan karakteristik satuan pendidikan madrasah masing-masing.

Terkait : Buku pedoman guru

Fakta menunjukkan bahwa sebagian madrasah – terutama madrasah yang belum terakreditasi– mengalami kesulitan untuk mewujudkan tata kelola administrasi modern yang lebih tertib, transparan, dan akuntabel (good governance) . Akuntabilitas tata kelola administrasi merupakan sebuah keniscayaan dan tuntutan mutlak seiring dengan trend organisasi modern yang mengusung nilai-nilai good governance dewasa ini. Dalam konteks pendidikan, tata kelola administrasi yang baik dan akuntabel merupakan salah satu necessary conditions dan pilar penting bagi upaya peningkatan mutu pendidikan Madrasah.

Buku ini berisi sejumlah dokumen/template standar minimal yang terdiri dari 6 (enam) bab utama, yaitu:

  1. administrasi kurikulum,
  2. administrasi pendidik dan tenaga kependidikan,
  3. administrasi bimbingan konseling dan kesiswaan,
  4. administrasi sarana prasarana,
  5. administrasi keuangan, dan
  6. administrasi tata usaha dan tata persuratan.

Contoh Dokumen Administrasi Sekolah

Berangkat dari hal tersebut, buku Pedoman Administrasi Madrasah ini bertujuan memberikan pedoman alternatif terutama bagi Madrasah yang “belum terakreditasi” atau bahkan “tidak terakreditasi” dalam rangka memenuhi standar tata kelola administrasi modern yang lebih tertib, transparan, dan akuntabel sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Secara lebih spesifik, buku ini diharapkan dapat membantu Madrasah dalam upaya mencapai hasil akreditasi yang berkualitas (authentic accreditation) terutama dari sisi manajemen administrasi madrasah yang modern dan akuntabel.

Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Amin...
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya