Promes Prota KTSP SD MI Mapel Umum dan PAI

Promes Prota KTSP SD MI Mapel Umum dan PAI
Promes Prota KTSP SD MI Mapel Umum dan PAI

Seperti sebelumnya saya bagikan file download program tahunan (prota) dan program semester (promes) semua mata pelajaran untuk madrasah aliyah.

Kali ini saya juga ingin membagikan file download prota dan promes mapel umum kelas 4-6 dan PAI kelas 3-6 untuk SD dan MI. Bhs Indonesia, bhs inggris, ipa, ips, matematika, penjas, pkn, sbk, dan tematik kelas 1.

Cara Menyusun program tahunan (prota)


  1. menuliskan urutan jaring tema seperti pada pemetaan mapel selama satu tahun,
  2. mencantumkan waktu yang dialokasikan untuk setiap jaring tema pada satu tahun,
  3. menentukan alokasi jam pelajaran yang dibutuhkan setiap kelompok KD/ tema berdasarkan cakupan dan kedalaman KD yang akan dicapai maksimal 31 jam per minggu untuk kelas 1 dan 2 serta 33 jam untuk kelas 3 (sesuai aturan pada standar isi)Minggu efektif tiap sekolah/madrasah diatur sendiri asalkan dalam satu tahun tidak kurang dari 34 minggu dan tidak lebih dari 38 minggu. Pada lampiran ini dicontohkan 17 minggu efektif pada 1 semester.

Cara Menyusun program semester (promes)


  1. merinci alokasi waktu untuk tiap kelompok KD seperti pada prota ditambahkan waktu ulangan yang direncanakan,
  2. menambahkan rincian bulan dan minggu dalam 1 semester dengan pendistribusian jam pelajaran efektif tiap minggu yang digunakan untuk mencapai tiap KD. Urutan penyajian KD disesuaikan dengan pemetaan yang telah dilakukan. Pengaturan urutan penyajian yang telah dirancang pada jaring tema dituliskan pada prosem.

mapel PAI
mapel umum

Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Amin...
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya