Kurikulum Rahmatal Lil Alamin Untuk Madrasah

Kurikulum Rahmatal Lil Alamin Untuk Madrasah
Kurikulum Rahmatal Lil Alamin Untuk Madrasah

Kita tahu bahwa islam di Indonesia itu beragam, karena itu tahun 2016 ini Ditjen Pendidikan Islam akan meluncurkan kurikulum rahmatal lil alaminbaik pada pendidikan formal (madrasah dan perguruan tinggi Islam) serta pendidikan non formal (diniyah dan pondok pesantren).

Pendidikan Agama Islam di sekolah umum (SD, SMP & SMA/SMK), madrasah formal (MI, MTs, MA), Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) sampai pendidikan non formal (pondok pesantren dan madrasah diniyah) akan menggunakan kurikulum yang toleran dan tentunya buku-bukunya yang mengajarkan kedamaian dan moderatisme.

Dengan perubahan kurikulum tersebut diharapkan ada proses pembelajaran dan pemahaman Islam yang lebih baik serta tidak mengarah pada radikalisme dan ekstrimisme apalagi berujung pada aksi terorisme.

Terkait dengan kesiapan lembaga dengan pemberlakuan kurikulum ini, para guru sedang melakukan pelatihan dan akan dilakukan uji coba ke beberapa madrasah. Jadi kita tunggu saja perkembangannya seperti apa sih kurikulum rahmatan lil alamin ini?
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya