Contoh Program Semester dan Program Tahunan Kurikulum 2013 PAUD

Contoh Program Semester dan Program Tahunan Kurikulum 2013 PAUD
Contoh Program Semester dan Program Tahunan Kurikulum 2013 PAUD

Contoh Program Semester (promes) dan Program Tahunan (prota) Kurikulum 2013 PAUD TK RA. Perencanaan program semester berisi daftar tema satu semester termasuk alokasi waktu setiap tema dengan menyesuaikan hari efektif kalender pendidikan yang bersifat fleksibel.

Tema berfungsi sebagai wadah yang berisi bahan kegiatan untuk mengembangkan potensi anak dan menyatukan seluruh kompetensi dalam satu kesatuan yang lebih berarti, memperkaya wawasan dan perbendaharaan kata anak sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.

Penentuan tema dapat dikembangkan oleh satuan PAUD TK RA atau mengacu pada contoh tema yang ada dalam Panduan. Langkah-langkah penyusunan program semester adalah sebagai berikut:

  1. membuat daftar tema satu semester;
  2. memilih, menata dan mengurutkan tema yang sudah dipilih
  3. menentukan alokasi waktu untuk setiap tema;
  4. menjabarkan tema kedalam sub tema dan dapat dikembangkan lebih rinci lagi menjadi sub-sub tema untuk setiap semester;
  5. mencermati kompetensi dasar yang sesuai dengan sub tema yang akan dikembangkan.
  6. KD yang ditetapkan akan dipakai selama tema yang sama
  7. KD yang sudah dipilih untuk tema dapat dibagi ke dalam beberapa kelompok yang disesuaikan dengan sub tema.
  8. KD yang diambil untuk sub tema tersebut akan digunakan terus selama sub tema dibahas.
  9. KD yang sudah digunakan pada tema dan sub tema dapat diulang untuk digunakan kembali pada tema yang berbeda

Sedangkan program tahunan disusun oleh lembaga berisi tentang rencana kegiatan yang mendukung kegiatan anak, yang akan dilaksanakan dari mulai awal tahun ajaran hingga akhir tahun ajaran.

Kegiatan tersebut terdiri dari kegiatan yang terkait dengan kurikulum (minggu belajar, libur, hari-hari istimewa), kegiatan yang menunjang kurikulum (kegiatan mendatangkan nara sumber, mengunjungi tempat yang terkait dengan tema, kegiatan bazaar anak, pentas seni anak, atau lainnya) maupun kegiatan yang ke-orang tuaan/parenting (pertemuan orang tua, open house, hari keluarga, dan sebagainya). Kegiatan tahunan ini disusun bersama dengan pendidik dan tenaga kependidikan di satuan PAUD TK RA, serta disosialisasikan kepada seluruh orang tua peserta didik.

Dalam menyusun perencanaan program semester dan program tahunan, lembaga diberikan keleluasaan dalam menentukan format.

Contoh Program Semester dan Program Tahunan Kurikulum 2013 PAUD

Demikian dari kami, semoga bisa mambantu dan bermanfaat untuk pendidikan di Indonesia. Amin...

File: Pendma Kemenag Pamekasan | IGRA
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya