Salah dan lupa menjadi salah satu sifat manusia. Saya, Ifrod maksum admin blog NomIfrod.com mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin Taqabalallahu minnaa wa minkum MEMOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN. Selamat hari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1439 H.

×

Panduan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini


Panduan Pengenalan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) termasuk TK dan RA sebagai upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 (enam) tahun, dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan belajar dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

PAUD merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya akan sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini. Awal kehidupan anak merupakan masa yang paling tepat dalam memberikan dorongan atau upaya pengembangan agar anak dapat berkembang secara optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan potensi tersebut adalah dengan program pendidikan yang terstruktur. Salah satu komponen untuk pendidikan yang terstruktur adalah kurikulum.

Penyempurnaan kurikulum perlu terus menerus dilakukan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penyempurnaan kurikulum akan berhasil, bila terjadi perubahan panduan pendidik terhadap anak dan pembelajaran. Pendidik harus mempunyai paradigma bahwa anak adalah individu yang berpotensi untuk berkembang, memiliki rasa ingin tahu dan individu yang aktif. Pembelajaran harus dimulai dari diri anak, oleh anak dan untuk anak. Pendidik berperan sebagai fasilitator dan motivator.

Kurikulum memiliki struktur dan muatan yang memberi peluang pada anak untuk memperoleh sejumlah pengalaman belajar. Keberhasilan suatu kurikulum merupakan proses panjang, mulai dari kristalisasi berbagai gagasan dan konsep ideal tentang pendidikan, perumusan desain kurikulum, persiapan pendidik dan tenaga kependidikan, serta sarana dan prasarana, tata kelola pelaksanaan kurikulum termasuk pembelajaran, penilaian pembelajaran dan kurikulum. Berdasarkan hal tersebut, maka anda perlu mendownload pada link berikut:

Panduan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini

Demikian dari kami, semoga bisa mambantu dan bermanfaat untuk pendidikan di Indonesia. Amin...
File: Pendma Kemenag Pamekasan | IGRA
Disclaimer: Artikel disini tentang perangkat dan administrasi pendidikan yang saya dapatkan dari berbagai sumber terpercaya, jika kurang berkenan mohon kiranya memberikan kritik dan saran via kolom komentar.

Buka Komentar Tutup Komentar