Contoh Penerapan Penilaian Autentik Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Contoh Penerapan Penilaian Autentik Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Contoh Penerapan Penilaian Autentik Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Penilaian autentik adalah suatu penilaian belajar yang merujuk pada situasi atau konteks "dunia nyata", yang memerlukan berbagai macam pendekatan untuk memecahkan masalah yang memberikan kemungkinan bahwa satu masalah bisa mempunyai lebih dari satu macam pemecahan.

Dalam suatu proses pembelajaran, penilaian otentik mengukur, memonitor dan menilai semua aspek hasil belajar (yang tercakup dalam domain kognitif, afektif, dan psikomotor), baik yang tampak sebagai hasil akhir dari suatu proses pembelajaran, maupun berupa perubahan dan perkembangan aktivitas, dan perolehan belajar selama proses pembelajaran didalam kelas maupun diluar kelas.

Pelaksanaan penilaian autentik menggunakan format yang memungkinkan siswa untuk menyelesaikan suatu tugas atau mendemonstrasikan suatu performasi dalam memecahkan suatu masalah. Format penilaian ini dapat berupa :

  1. tes yang menghadirkan benda atau kejadian asli ke hadapan siswa (hands-on penilaian),
  2. tugas (tugas ketrampilan, tugas investigasi sederhana dan tugas investigasi terintegrasi),
  3. format rekaman kegiatan belajar siswa (misalnya : portofolio, interview, daftar cek, presentasi dan debat).

Selanjutnya anda bisa membuat tabel seperti pada gambar diatas untuk mencatat nilai siswa. Semoga bermanfaat...
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya