Contoh Panduan / Pedoman Penilaian PAUD TK RA Kurikulum 2013

Contoh Panduan / Pedoman Penilaian PAUD TK RA Kurikulum 2013
Contoh Panduan / Pedoman Penilaian PAUD TK RA Kurikulum 2013

Contoh Panduan / Pedoman Teknik Penilaian Hasil Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013. Penilaian adalah PROSES mengumpulkan dan menafsirkan berbagai informasi secara sistematis, terukur, berkelanjutan, menyeluruh tentang tumbuh kembang yang telah dicapai peserta didik selama kurun waktu tertentu.

Contoh Panduan / Pedoman Teknik Penilaian Hasil Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013 ini sangat penting dimiliki dan di pahami oleh sahabat guru PAUD; baik jenjang RA / TK / KB. Sebagai pedoman penilaian anak didik di lembaga / sekolah masing-masing untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini.

Mengumpulkan informasi Melalui observasi, interview anak,orangtua, anggota keluarga lainnya dan guru-guru. Dokumentasi Melalui video, catatan harian, rekaman suara, foto, dll. Menganalisa Menggunakan teori-teori untuk menentukan rekaman atau data-data sehingga berkaitan dengan teori.

Mengapa Penilaian?


  1. Mengetahui tumbuh kembang anak selama mengikuti program
  2. Umpan balik untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran
  3. Dasar untuk optimalkan fisik dan psikis dengan memberi kegiatan yang sesuai minat dan kebutuhan anak
  4. Memberi informasi kepada orang tua agar mampu menjadi team bagi pendidik dalam melaksanakan pendidikan di rumah

Ciri-ciri penilaian yang baik


  1. Mengandung pemahaman yang penting tentang perkembangan anak
  2. Terhubungkan dengan kurikulum
  3. Sesuai dengan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diukur
  4. Menghargai keberagaman dari kemampuan anak.
  5. Tidak menghabiskan waktu

Download Pedoman Penilaian PAUD TK RA
Penilaian dilakukan oleh pendidik dengan menggunakan Pendekatan Otentik (Authentic Assessment). Pendidik yang memahami perkembangan anak menjadi syarat mutlak untuk sebuah penilaian yang otentik

Penilaian Otentik berhubungan dengan kondisi nyata dan dalam konteks yang bermakna.
Penilaian Otentik dilakukan pada saat anak terlibat dalam kegiatan bermain (tugas) secara mandiri atau bersama anak lain.

Aspek yang dinilai oleh pendidik mencakup semua program pengembangan yang ada dalam Kompetensi Dasar (KD) yang sesuai dengan usia dan tahap perkembangan anak; baik sikap religius, sosial, pengetahuan, dan keterampilan.
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya