Contoh RPP Silabus Bahasa Indonesia MTs SMP KTSP Lengkap

Contoh RPP Silabus Bahasa Indonesia MTs SMP KTSP Lengkap
Contoh RPP Silabus Bahasa Indonesia MTs SMP KTSP Lengkap

RPP Silabus Bahasa Indonesia MTs SMP KTSP Lengkap untuk semua kelas. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Silabus mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia (bina) untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP) menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) tahun 2006 dalam bentuk format microsoft office word yang sangat mudah mengedit sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Selain itu RPP dan Silabus ini sangat membantu terlaksananya kegiatan belajar mengajar / pembelajaran di Madrasah / Sekolah untuk mencetak siswa yang berkualitas untuk generasi masa depan.

baca: Pengertian, manfaat dan prinsip silabus

Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi  Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian.

Catatan:
  1. RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
  2. Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan
  3. Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam  satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.
Silabus mata pelajaran disusun berdasarkan seluruh alokasi waktu yang disediakan untuk mata pelajaran selama penyelenggaraan pendidikan di tingkat satuan pendidikan.
Penyusunan silabus memperhatikan alokasi waktu yang disediakan per semester, per tahun, dan alokasi waktu mata pelajaran lain yang sekelompok.

Implementasi pembelajaran per semester menggunakan penggalan silabus sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk mata pelajaran dengan alokasi waktu yang tersedia pada struktur kurikulum. Bagi SMK/MAK menggunakan penggalan silabus berdasarkan satuan kompetensi.

Selengkapnya silahkan unduh pada link dibawah ini:

RPP Bahasa Indonesia MTs SMP KTSP
Silabus Bahasa Indonesia MTs SMP KTSP

Demikian dari kami, semoga bisa mambantu dan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya