Skip to main content

Inilah Cara Mudah Memperkecil Gambar Postingan Melalui Smartphone / Android


Cara Mudah Memperkecil Gambar Postingan Melalui Smartphone / Android untuk mempercepat loading blog. Setelah kemarin NomIfrod membagikan bagaimana cara resize atau memperkecil ukuran gambar menggunakan Photoshop untuk mempercepat loading blog, lalu bagaimana jika kita kerja di smartphone android??? Tentu saja dengan cara yang berbeda. Karena itulah kita akan membahas bagaimana cara memperkecil ukuran gambar di smartphone android???

Biasanya kita ngeblog menggunakan laptop / pc yang lebih leluasa, namun saat situasi tidak memungkinkan yang mengharuskan ngeblog melalui hp smartphone dengan layar kecil tentu akan sedikit kesulitan terutama saat membuat gambar postingan.

Nah tiba saatnya NomIfrod membagikan tips bagaimana cara resize gambar postingan menggunakan hp smartphone atau android? Silahkan ikuti tipsnya berikut ini:

Pertama; tentunya harus menginstall aplikasi untuk meresize gambar dari google play store, supaya lebih gampang saya contohkan menggunakan aplikasi Photo Resizer seperti tampak gambar dibawah ini:


Kedua; Setelah aplikasi dibuka maka akan tampak seperti gambar dibawah ini, pilih foto.


Dan akan dialihkan untuk memilih gambar seperti pada tampilan berikut:


Namun cara tersebut lebih sulit memilih gambar yang diinginkan karena langsung masuk ke isi memori internal/ eksternal. Karena itulah saya lbih memilih cara ketiga yang lebih gampang karena langsung masuk ke gallery.

Ketiga; Cara alternatif memilih gambar, silahkan Klik icon menu di pojok kiri atas seperti pada gambar berikut:


pilih foto - alternatif


Silahkan pilih galeri untuk mengambil gambar yang diinginkan,


Keempat; setelah gambar dipilih, silahkan klik icon 4 panah seperti tampilan berikut:


Maka akan muncul tampilan seperti ini:


Pada gambar di atas ada 2 pilihan yakni persen dan pixel, saran saya mengunakan ukuran pixel saja supaya hasilnya sesuai dengan ukuran template blog. Jika ukuran yang tertera tidak ada yang pas, silahkan pilih sesuaikan (custom) Silahkan sesuaikan ukuran gambar yang diinginkan, misalnya with 600px dan heigh 350px seperti ini:


Kelima; selesai dan gambar akan tersimpan di galeri. Mudah kan?

Selamat mencoba tips bagaimana cara memperkecil ukuran gambar postingan blog. Dan semoga bermanfaat...
Info: Supaya mudah mengakses NomIfrod.com ini, silahkan klik icon 3 titik di browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa akses NomIfrod.com dari layar utama smartphone dengan klik ikon NomIfrod.com.