Prota Prosem RPP Silabus Mata Pelajaran Fiqih MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Format Word

Prota Prosem RPP Silabus Mata Pelajaran Fiqih MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Format Word
Prota Prosem RPP Silabus Mata Pelajaran Fiqih MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Format Word

Prota Prosem RPP Silabus Mata Pelajaran Fiqih MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Format Word. Perangkat Mata pelajaran Fiqih ini berupa program semester, program tahunan, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, kkm, dan pemetaan kompetensi dasar. Untuk madrasah jenjang MI kelas 1 2 3 4 5 dan 6, dan semuanya dalam bentuk file download format microsoft word sehinggan lebih mudah mengedit sesuka hati.

Mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang mempelajari tentang fiqih ibadah, terutama menyangkut pengenalan dan pemahaman tentang cara-cara pelaksanaan rukun Islam dan pembiasaannya dalam kehidupan sehari-hari, serta fiqh muamalah yang menyangkut pengenalan dan pemahaman sederhana mengenai ketentuan tentang makanan dan minuman yang halal dan haram, khitan, qurban, serta tata cara pelaksanaan jual beli dan pinjam meminjam.

Tujuan Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah


  1. Mengetahui dan memahami cara-cara pelaksanaan hukum Islam baik yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk dijadikan pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan sosial.
  2. Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik, sebagai perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajaran agama Islam baik dalam hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, dan makhluk lainnya maupun hubungan dengan lingkungannya.

Ruang lingkup mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah


  1. Fiqih ibadah, yang menyangkut: pengenalan dan pemahaman tentang cara pelaksanaan rukun Islam yang benar dan baik, seperti: tata cara thaharah, shalat, puasa, zakat, dan ibadah haji.
  2. Fiqih muamalah, yang menyangkut: pengenalan dan pemahaman mengenai ketentuan tentang makanan dan minuman yang halal dan haram, khitan, qurban, serta tata cara pelaksanaan jual beli dan pinjam meminjam.

Standar Kompetensi Lulusan mata pelajaran Fiqih


Mengenal dan melaksanakan hukum Islam yang berkaitan dengan rukun Islam mulai dari ketentuan dan tata cara  pelaksanaan thaharah, shalat, puasa, zakat, sampai dengan pelaksanaan ibadah hají, serta ketentuan tentang makanan dan minuman, khitan, qurban, dan cara pelaksanaan jual beli dan pinjam meminjam.

skl sk-kd fiqih
pemetaan kd fiqih
program tahunan fiqih
program semester fiqih
rpp fiqih
silabus fiqih
kkm fiqih

Demikian dari kami, semoga bisa mambantu dan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...

Referensi: www.abdimadrasah.com
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya