Prota Promes RPP Silabus SKL SK-KD Mata Pelajaran SKI MI Kelas 4 5 6

Prota Promes RPP Silabus SKL SK-KD Mata Pelajaran SKI MI Kelas 4 5 6
Prota Promes RPP Silabus SKL SK-KD Mata Pelajaran SKI MI Kelas 4 5 6

Assalamualaikum... Pembaca / para guru yang budiman. Kembali lagi kami bagikan perangkat pembelajaran untuk madrasah ibtidaiyah (MI) kelas 1 2 3 4 5 dan 6 mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI). Meliputi: SKL SK-KD, KKM, RPP, silabus, prota promes dalam bentuk format word.

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan / peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam di masa lampau, mulai dari sejarah masyarakat Arab pra-Islam, sejarah kelahiran dan kerasulan Nabi Muhammad SAW, sampai masa Khulafaur Rasyidin.

Mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam (SKI) memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati Sejarah Kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak dan kepribadian peserta didik.

Tujuan Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI


  1. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam  yang telah dibangun oleh Rasulullah saw dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
  2. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan  sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
  3. Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
  4. Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau. 
  5. Mengembangkan  kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, ipteks dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Ibtidaiyah


  1. Sejarah masyarakat Arab pra-Islam, sejarah kelahiran dan kerasulan Nabi Muhammad Saw. 
  2. Dakwah Nabi Muhammad Saw dan para sahabatnya, yang meliputi kegigihan dan ketabahannya dalam berdakwah, kepribadian Nabi Muhammad Saw, hijrah Nabi Muhammad Saw ke Thoif, peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.
  3. Peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib, keperwiraan Nabi Muhammad Saw, peristiwa Fathul Mekah, dan peristiwa akhir hayat Rasulullah Saw .
  4. Peristiwa-peristiwa pada masa Khulafaurrasyidin
  5. Sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing.

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) mapel SKI


Mengenal, mengidentifikasi, meneladani, dan mengambil ibrah dari sejarah Arab pra Islam, sejarah Rasulullah Saw, Khulafaurrasyidin, serta perjuangan tokoh-tokoh agama Islam di daerah masing-masing.

Demikian sedikit ulasan admin blog NomIfrod.com tentang perangkat pembelajaran SKI untuk MI kelas 1 2 3 4 5, semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Selanjutnya bisa anda download pada link dibawah ini:

skl sk-kd ski
pemetaan kd ski
program tahunan ski
program semester ski
rpp ski
silabus ski
kkm ski

Demikian dari kami, semoga bisa mambantu dan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...

Referensi: www.abdimadrasah.com
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya