Panduan Penyusunan RKH dan SOP PAUD RA TK Kurikulum 2013

Panduan Penyusunan RKH dan SOP PAUD RA TK Kurikulum 2013
Panduan Penyusunan RKH dan SOP PAUD RA TK Kurikulum 2013

Sahabat NomIfrod, Kita ketahui bersama bahwa dalam pendidikan anak usia dini selalu dikemas dalam bentuk rencana kegiatan harian (RKH) dan Standar operasional prosedur (SOP) supaya pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna tidak sekedar kegiatan rutin. Karena itulah, saya sedikit mengulas dan membagikan Pedoman Penyusunan RKH dan SOP PAUD RA TK Kurikulum 2013 dalam bentuk file format PDF.

Proses pembelajaran di PAUD tidak terbatas pada saat anak berada di sentra atau area atau kelas, tetapi sejak anak datang hingga pulang. Semua proses interaksi anak dengan pendidik, dengan temannya, atau dengan lingkungan atau alat mainannya termasuk dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu Satuan PAUD harus merancang jadwal harian dan bagaimana para pendidik berperan di dalamnya penting diperhatikan.

Kegiatan harian adalah kegiatan yang dapat diikuti oleh anak sejak kedatangan hingga pulang. Semua kegiatan yang dilakukan anak dijadwalkan dalam jadwal harian, termasuk kegiatan de sentra atau area.

Standar operasional merupakan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menjalankan suatu pekerjaan dengan berpedoman pada tujuan yg harus dicapai. Penetapan langkah tersebut dituangkan secara tertulis mengenai apa yang harus dilakukan, kapan, dimana, oleh siapa dandengan cara bagaimana. Sehingga SOP menjadi cara baku, yang disepakati dan diterapkan oleh semua orang yang ada di satuan PAUD.

Untuk file pedoman penyusuna RKH dan SOP ini bisa anda download dibawah ini:
Panduan Penyusunan RKH dan SOP PAUD RA TK Kurikulum 2013

Dalam buku pedoman penyusunan RKH dan SOP ini juga berisi:

  1. contoh format jadwal harian PAUD TK RA
  2. contoh penyusunan rencana kegiatan harian
  3. contoh SOP penataan lingkungan
  4. contoh SOP kegiatan makan
  5. contoh SOP pembukaan
  6. contoh SOP penyambutan anak
  7. contoh SOP bermain motorik kasar
  8. contoh SOP latihan ke kamar mandi
  9. contoh SOP pengelolaan kegiatan belajar anak
  10. contoh SOP membaca buku
  11. contoh penyusunan standar operasional prosedur
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya