Aplikasi Analisis Soal Tematik PTS dan PAS MI Kurikulum 2013 Format Excel

Aplikasi Analisis Soal Tematik PTS dan PAS MI Kurikulum 2013 Format Excel


Aplikasi Analisis Soal Tematik PTS dan PAS MI Kurikulum 2013 Format Excel. Kegiatan menganalisis butir soal merupakan proses pengumpulan, peringkasan dan penggunaan informasi dari jawaban siswa untuk membuat keputusan tentang setiap penilaian yang bertujuan untuk mengkaji dan menelaah setiap butir soal agar diperoleh soal yang bermutu sebelum digunakan; membantu meningkatkan kualitas tes melalui revisi atau membuang soal yang tidak efektif; dan mengetahui informasi diagnostik pada siswa, sudahkan mereka memahami materi yang telah diajarkan.

Analisis butir soal secara kualitatif dilaksanakan berdasarkan kaidah penulisan soal (tes tertulis, perbuatan, pengetahuan, keterampilan dan sikap). Ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk menganalisis butir soal secara kualitatif, diantaranya adalah teknik moderator dan teknik panel. Analisis butir soal secara kuantitatif adalah analisis butir soal didasarkan pada data empirik.

Pada prinsipnya analisis butir soal secara kualitatif dilaksanakan berdasarkan kaidah penulisan soal (tes tertulis, perbuatan, dan sikap). Penelaahan ini biasanya dilakukan sebelum soal digunakan atau diujikan. Aspek yang diperhatikan di dalam penelaahan secara kualitatif ini adalah setiap soal ditelaah dari segi materi, konstruksi, bahasa atau budaya, dan kunci jawaban atau pedoman penskorannya.

Manfaat analisis butir soal PTS PAS


  1. menentukan soal-soal yang cacat atau tidak berfungsi dengan baik;
  2. meningkatkan butir soal melalui tiga komponen analisis yaitu tingkat kesukaran, daya pembeda, dan pengecoh soal;
  3. meningkatkan validitas soal dan reliabilitas;
  4. merevisi soal yang tidak relevan dengan materi yang diajarkan, ditandai dengan banyaknya anak yang tidak dapat menjawab butir soal tertentu.
  5. membantu para pengguna tes dalam evaluasi atas tes yang digunakan
  6. sangat relevan bagi penyusunan tes informal dan lokal (seperti tes yang disiapkan guru di kelas)
  7. mendukung penulisan butir soal yang efektif
  8. secara materi dapat memperbaiki tes di kelas
  9. meningkatkan validitas dan reliabilitas soal
  10. menentukan apakah suatu fungsi butir soal sesuai dengan yang diharapkan
  11. memberi masukan kepada siswa tentang kemampuan dan sebagian dasar untuk bahan diskusi di kelas
  12. memberi masukan kepada guru tentang kesulitan siswa
  13. memberi masukan pada aspek tertentu untuk pengembangan kurikulum
  14. merevisi materi yang dinilai atau diukur
  15. meningkatkan keterampilan penulisan soal


Ketika kita menjadi pengajar dan pendidik, sebaiknya dalam penyusunan instrument tes, seperti soal tes hendaknya disesuaikan dengan kriteria penyusunan soal yang baik dan benar. Dimana, tingkat kesukarannya diperhatikan, daya pembeda disesuaikan, pengecoh soal berfungsi dengan baik. Dan juga ketika diuji dengan validitas maupun realibilitas sesuai dengan kualitas dan metode pembelajaran yang menjunjung tinggi cita-cita guru Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Download Aplikasi Analisis Soal Tematik PTS dan PAS MI Kurikulum 2013


Terkait dengan aplikasi analisis soal tematik pts/uts dan pas/uas, bisa anda download pada link berikut ini:
Analisis soal kelas 1
Analisis soal kelas 1

Sekian dari kami tentang Aplikasi Analisis Soal Tematik PTS dan PAS MI Kurikulum 2013 Format Excel, semoga bisa memberikan manfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negeri ini. Amin...

Buka Komentar Tutup Komentar