Panduan Mekanisme Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Panduan Mekanisme Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Panduan Mekanisme Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan


Panduan Mekanisme Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Sesuai dengan Buku Pedoman Pengembangan KTSP Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan SD tahun 2016. Tujuan Panduan Penyusunan Buku I KTSP ini adalah agar satuan pendidikan SD/MI/SDLB mempunyai acuan dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum yang akan dilaksanakan pada satuan pendidikan yang bersangkutan.

Dari peraturan perundang-undangan yang telah dikeluarkan pemerintah tersebut ditegaskan bahwa kurikulum dikembangkan dengan prinsip diversifikasi untuk melakukan penyesuaian program pendidikan pada satuan pendidikan dengan kondisi dan ciri khas potensi yang ada di daerah serta peserta didik, kemudian kurikulum dikembangkan dan diimplementasikan pada tingkat satuan pendidikan.

Kurikulum operasional yang dikembangkan dan diimplementasikan oleh satuan pendidikan diwujudkan dalam bentuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan bagian dari kegiatan perencanaan satuan pendidikan yang diselenggarakan sebelum tahun ajaran baru.

Analisis konteks dimaksudkan untuk menelaah dan menggambarkan setiap konteks yang berada dan menjadi bagian dari suatu lembaga dalam menyelenggarakan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu. Konteks berhubungan dengan kondisi internal dan eksternal sekolah. Konteks internal ini berkaitan dengan daya dukung yang berkaitan langsung dengan peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana. Sedangkan konteks eksternal yang dianalisis adalah konteks orang tua peserta didik dan dinas pendidikan. Hasil dari analisis konteks ini merupakan hal-hal yang dipertimbangkan dalam menyusun Buku I KTSP.

Satuan pendidikan melaksanakan rapat koordinasi penyusunan Buku I KTSP. Rapat koordinasi dapat dilaksanakan di satuan pendidikan atau tempat lain sesuai dengan situasi dan kondisi satuan pendidikan. Acuan utama dalam penyusunan Buku I KTSP adalah hasil analisis konteks yang telah dilakukan pada langkah sebelumnya. Komponen Buku I KTSP yang disusun sesuai dengan komponen pada Permendikbud No 61 Tahun 2014 tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Dikdasmen dan komponen lain yang dianggap perlu.

Untuk selengkapnya tentang Panduan Mekanisme Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, bisa anda download pada link berikut: Panduan Pengembangan Kurikulum

Kondisi saat ini seluruh sekolah sudah memiliki dokumen / Buku I KTSP baik sekolah yang menerapkan kurikulum 2006 atau kurikulum 2013, kedua jenis kurikulum tersebut menggariskan bahwa setiap satuan pendidikan berkewajiban menyusun kurikulum opersional yang dikenal dengan istilah kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Dalam imlementasi kurikulum 2013, KTSP yang sudah dimiliki oleh sekolah dianalisis menggunakan pisau analisis kurikulum 20013, salah satu caranya adalah menggunakan format telaah kurikulum.

Baca juga:

Share On :

Informasi: Anda punya karya tulis? anda bisa menerbitkannya di blog ini dengan senang hati, dengan ketentuan yang bisa anda simak disini.