Salah dan lupa menjadi salah satu sifat manusia. Saya, Ifrod maksum admin blog NomIfrod.com mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin Taqabalallahu minnaa wa minkum MEMOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN. Selamat hari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1439 H.

×

Aturan Baru Kemenag Tentang Pedoman Penulisan atau Penerbitan NISM


Aturan Baru Kemenag Tentang Pedoman Penulisan atau Penerbitan NISM. NISM (Nomor Induk Siswa Madrasah) merupakan nomor unik siswa yang membedakan antar siswa di Madrasah tersebut, dan bukan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional). Nomor unik ini setiap ada pendataan EMIS biasanya disebut juga dengan NIS Lokal

Menunjuk Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan lslam Kementerian Agama Republik lndonesia Nomor 363 tahun 2017 tentang Panduan Penerbitan Nomor lnduk Siswa Madrasah jenjang RA, Ml, MTs dan MA maka perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut :

  • Bahwa untuk penertiban tata kelola administrasi peserta didik pada satuan pendidikan madrasah maka diperlukan susunan nomor unik bagi setiap peserta didik yang dicatat dalam buku induk madrasah yang selanjutnya disebut Nomor lnduk Siswa Madrasah (NISM)
  • Penyusunan NISM didasarkan pada panduan penerbitan NISM sebagaimana tercantum dalam SK Dirjen Pendis Nomor 363 tahun 2017 yang diberlakukan bagi madrasah negeri maupun swasta dan menjadi dasar pada penomoran ijazah, SHUAMBN/SHUAMD serta kegiatan kesiswaan dilingkungan Kementerian Agama.
  • NISM terdiri dari 18 (delapan belas) digit angka dengan susunan sebagai berikut:


Keterangan :
X: 12 (dua belas) digit angka adalah Nomor Statistik Madrasah (NSM) yang telah terdaftar dalam data base EMIS Pendis Kemenag
Y: 2 (dua) digit angka adalah tahun masuk peserta didik pada madrasah yang bersangkutan
Z: 4 (empat) digit angka adalah nomor urut siswa yang terdaftar di madrasah bersangkutan berdasarkan tahun masuk baik melalui PPDB maupun mutasi masuk
Contoh :
Tahun masuk 2017 : 0001, 0002, 0003 .... Dst
Tahun masuk 2018 : 0001, 0002, 0003.... Dst

  • Jika terdapat mutasi masuk siswa maka diberikan NISM sesuai dengan tahun masuk siswa ke madrasah bersangkutan dengan meneruskan nomor terakhir siswa masuk melalui PPDB pada tahun berjalan.
  • Pemberlakuan NISM dimulai tahun pelajaran 2017/2018 oleh karena itu penomoran buku induk dengan meneruskan tahun sebelumnya sudah tidak berlaku lagi sejak pedoman penerbitan NISM ini dikeluarkan

Download Aturan Baru Kemenag Tentang Penulisan atau Penerbitan NISM Format PDF



Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Penulisan atau Penerbitan NISM

Demikian dari saya tentang Aturan Baru Kemenag Tentang Penulisan atau Penerbitan NISM, semoga bermanfaat...
Disclaimer: Artikel disini tentang perangkat dan administrasi pendidikan yang saya dapatkan dari berbagai sumber terpercaya, jika kurang berkenan mohon kiranya memberikan kritik dan saran via kolom komentar.

Buka Komentar Tutup Komentar