Buku Bahasa Indonesia Kelas X MA SMA SMK Kurikulum 2013 Format PDF

Buku Bahasa Indonesia Kelas X MA SMA SMK Kurikulum 2013 Format PDF
Buku Bahasa Indonesia Kelas X MA SMA SMK Kurikulum 2013 Format PDF
Buku Bahasa Indonesia Kelas X MA SMA SMK Kurikulum 2013 Format PDF. Hai semuanya senang sekali bisa menyapa kembali disela-sela kesibukan offline. Kali ini saya akan membagikan buku kurikulum 2013 untuk MA SMA SMK kelas X (10) mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Buku ini bisa anda jadikan referensi dalam kegiatan pembelajaran supaya bisa meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah / madrasah masing-masing. Buku ini saya peroleh dari seorang teman yang juga mengajar di Madrasah Aliyah kelas 1 (kelas X) yang sudah menggunakan kurikulum 2013.

Melalui buku ini diharapkan siswa mampu memproduksi dan menggunakan teks sesuai dengan tujuan dan fungsi sosialnya. Dalam pembelajaran bahasa berbasis teks, bahasa Indonesia diajarkan bukan sekadar sebagai pengetahuan bahasa, melainkan sebagai teks yang mengemban fungsi untuk menjadi sumber aktualisasi diri penggunanya pada konteks sosial-budaya akademis. Teks merupakan satuan bahasa yang berisi ungkapan makna secara kontekstual.

Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks dilaksanakan dengan menerapkan prinsip bahwa (1) bahasa hendaknya dipandang sebagai teks, bukan semata-mata kumpulan kata atau kaidah kebahasaan; (2) penggunaan bahasa merupakan proses pemilihan bentuk-bentuk kebahasaan untuk mengungkapkan makna; (3) bahasa bersifat fungsional, yaitu penggunaan bahasa yang tidak pernah dapat dilepaskan dari konteks karena bentuk bahasa yang digunakan itu mencerminkan ide, sikap, nilai, dan ideologi penggunanya; dan (4) bahasa merupakan sarana pembentukan kemampuan berpikir manusia.

Sehubungan dengan prinsip itu, perlu disadari bahwa setiap teks memiliki struktur tersendiri yang satu sama lain berbeda. Sementara itu, struktur teks merupakan cerminan struktur berpikir. Dengan demikian, makin banyak jenis teks yang dikuasai siswa, makin banyak pula struktur berpikir yang dapat digunakannya dalam kehidupan sosial dan akademiknya. Hanya dengan cara itu, siswa kemudian dapat mengonstruksi ilmu pengetahuannya melalui kemampuan mengobservasi, mempertanyakan, mengasosiasikan, menganalisis, dan menyajikan hasil analisis secara memadai.

Teks dapat diperinci ke dalam berbagai jenis, seperti deskripsi, penceritaan (recount ), prosedur, laporan, eksplanasi, eksposisi, diskusi, surat, iklan, catatan harian, negosiasi, pantun, dongeng, anekdot, dan fiksi sejarah. Semua jenis teks itu dapat dikelompokkan ke dalam teks cerita, teks faktual, dan teks tanggapan. Dua kelompok yang disebut terakhir itu merupakan teks nonsastra yang masing-masing dapat dibagi lebih lanjut menjadi teks laporan dan teks prosedural serta teks transaksional dan teks ekspositori. Sementara itu, teks cerita merupakan jenis teks sastra yang dapat diperinci menjadi teks cerita naratif dan teks cerita nonnaratif.

Buku ini dirancang agar siswa aktif melakukan kegiatan belajar melalui tugas, baik secara kelompok maupun mandiri. Untuk mengajarkan bahasa Indonesia dengan menggunakan buku ini, pengajar hendaknya menempuh empat tahap pembelajaran, yaitu (1) tahap pembangunan konteks, (2) tahap pemodelan teks; (3) tahap pembuatan teks secara bersama-sama; dan (4) tahap pembuatan teks secara mandiri. Teks buatan siswa diharapkan dapat dipublikasi melalui forum komunikasi atau media publikasi yang tersedia di sekolah.

Download Buku Bahasa Indonesia Kelas X MA SMA SMK Kurikulum 2013 Format PDF


Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Download

Daftar Isi Buku Bahasa Indonesia kelas X MA SMA SMK


  1. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks
  2. Organisasi Penataan Materi Buku Wajib Bahasa Indonesia
  3. Gemar Meneroka Alam Semesta
  4. Proses Menjadi Warga yang Baik
  5. Budaya Berpendapat di Forum Ekonomi dan Politik
  6. Kritik dan Humor dalam Layanan Publik
  7. Seni Bernegosiasi dalam Kewirausahaan
  8. Teks dalam Kehidupan Nyata
  9. Rekapitulasi Persentase Kegiatan Siswa
  10. Penilaian terhadap Latihan yang Dilakukan oleh Siswa
  11. Penilaian Formatif dan Sumatif
  12. Penilaian Kemajuan Belajar Siswa dengan Portofolio
  13. Rekapitulasi Presentasi Kegiatan Siswa
  14. Rakapitulasi Penilaian Kegiatan Siswa
  15. Laporan Hasil Observasi
  16. Prosedur Kompleks
  17. Eksposisi
  18. Anekdot
  19. Negosiasi
  20. Portofolio
  21. Pembelajaran Teks
  22. Register dan Gaya Bahasa

Demikian dari saya tentang Buku Bahasa Indonesia Kelas X MA SMA SMK Kurikulum 2013 Format PDF, Semoga bermanfaat...
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya