Skip to main content

follow us

Buku Guru dan Siswa Mapel PPKn Kelas X MA SMA SMK Kurikulum 2013


Buku Guru dan Siswa Mapel PPKn Kelas X MA SMA SMK Kurikulum 2013. Buku siswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan buku pegangan peserta didik kelas X (sepuluh) dalam proses pembelajaran mata pelajaran PPKn di sekolah. Buku ini banyak sekali manfaatnya bagi kalian sebagai peserta didik. Buku ini akan mengantarkan kalian untuk memperoleh wawasan yang diperlukan agar menjadi warga negara Indonesia yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Buku ini merupakan jawaban atas tuntutan buku pelajaran yang berkualitas, yaitu buku pelajaran yang tidak hanya memaparkan materi, akan tetapi membelajarkan peserta didik agar memiliki kompetensi yang diharapkan. Buku ini mengembangkan kompetensi kewarganegaraan kalian melalui pendekatan berbasis ilmiah (scientific), dimana melalui buku ini dalam proses pembelajaran kalian didorong untuk selalu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan.

Buku ini dikemas secara sistematis dan menarik serta ditujukan untuk meningkatkan kreatifitas kalian. Bahasa yang dipergunakan merupakan bahasa yang mudah dipahami oleh kalian. Sehingga, ketika kalian membaca setiap bab atau sub-bab yang ada di dalam buku ini berbeda dengan buku-buku lainnya. Bahasa yang dipergunakan bukanlah bahasa yang kaku, tetapi bahasa yang fleksibel serta bersahabat dengan kalian selaku pembaca buku ini.

Apa saja yang terdapat dalam buku ini? Di dalam buku ini disajikan berbagai macam rubrik yang mendorong kalian untuk aktif dalam setiap rangkaian proses pembelajaran. Adapun sistematika yang terdapat dalam buku ini sebagai berikut.

1. Pengantar. Bagian ini terdapat di awal setiap bab yang berfungsi memberikan gambaran awal mengenai materi pembelajaran yang akan kalian pelajari.

2. Materi pembelajaran. Bagian ini berisi paparan materi pembelajaran yang harus kalian pelajari. Materi pembelajaran disajikan dengan menarik yang didukung oleh gambar-gambar yang relevan serta contoh-contoh yang bersumber dari peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar kalian. Materi pembelajaran ini dilengkapi dengan rubrik Info Kewarganegaraan yang berisi tentang informasi-informasi tambahan yang tentunya akan memperluas cakrawala berpikir kalian.

3. Tugas Mandiri dan Kelompok. Bagian ini mengajak kalian berlatih baik secara mandiri atau berkelompok untuk menyelesaikan berbagai tugas dengan cara membaca berbagai literatur / buku, menganalisis suatu kasus, melakukan pengamatan terhadap berbagai peristiwa yang sedang terjadi di lingkungan sekitar serta melakukan wawancara dengan para tokoh masyarakat atau aparatur negara.

4. Refleksi. Melalui bagian ini kalian diajak untuk mengevaluasi diri serta merenungkan apa saja yang telah kalian pelajari dan perilaku yang akan kalian lakukan untuk kemajuan bangsa dan negara berkaitan dengan materi tersebut.

5. Rangkuman. Untuk mempermudah kalian dalam memahami materi pembelajaran, buku ini juga dilengkapi dengan rangkuman yang berisi ringkasan materi pembelajaran dalam satu bab.

6. Praktek Belajar Kewarganegaraan. Untuk melatih kecakapan kalian dalam mengolah potensi berpikir holistik serta perilaku yang seharusnya kalian lakukan dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan materi yang dipelajari. Pada bagian ini kalian akan diajak untuk mengerjakan seperangkat tugas untuk meningkatkan keterampilan kalian sebagai warga negara. Tugas-tugas tersebut dikemas dalam bentuk penelitian sederhana, analisis kasus, debat, menulis artikel dan bermain peran atau simulasi.

7. Penilaian Diri. Bagian ini untuk mengukur kesesuaian sikap dan perilaku kalian sebagai warga negara yang baik. Pada bagian ini kalian diajak untuk menilai diri sendiri, memberikan argumen atas nilai yang kalian tetapkan serta mengklarifikasi nilai-nilai yang berkembang dimasyarakat melalui wacana yang dibaca.

8. Uji Kompetensi. Bagian ini berfungsi untuk mengukur sejauh mana kompetensi yang telah kalian kuasai setelah mempelajari materi pembelajaran pada satu bab dengan menjawab berbagai soal yang terdapat di dalamnya.

9. Indeks. Selama proses pembelajaran tentunya kalian akan mengenal beragam istilah penting. Untuk menemukan kembali secara cepat istilah-istilah tersebut dalam bukukalian bisa membacanya di dalam rubrik indeks.

10. Glosarium. Bagian ini melengkapi buku supaya kalian dapat menemukan berbagai kata asing atau kata yang sulit dipahami, sehingga mempermudah kalian untuk memahami materi secara keseluruhan.

Daftar Isi Buku


  1. Konsep Mata Pelajaran PPKn
  2. Struktur Kurikulum Mata Pelajaran PPKn Kelas X
  3. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
  4. Ruang Lingkup Materi PPKn Kelas X
  5. Pengembangan Indikator
  6. Konsep dan strategi Pembelajaran
  7. Model Pembelajaran PPKn
  8. Penilaian Pembelajaran PPKn
  9. Pokok Kaidah Fundamental Bangsaku
  10. Menjaga Keutuhan Kesatuan Negara RI
  11. Harmonisasi Pemerintah Pusat Dan Daerah
  12. Mengarungi Bahtera Keadilan Bangsa Indonesia
  13. Indahnya Hak dan Kewajiban Dalam Berdemokrasi
  14. Merajut Kebersamaan dalam Kebhinnekaan
  15. Membangun Kesadaran Berbangsa dan Bernegara
  16. Tabel 1.1 : Pertanyaan atas kasus Marsinah
  17. Tabel 1.2 : Contoh Perlindungan dan Pemajuan HAM di Indonesia
  18. Tabel 1.3 : Periodisasi Pemajuan HAM di Indonesia
  19. Tabel 1.4 : Perbandingan Penegakan HAM di Indonesia
  20. Tabel 1.5 : Pengaturan HAM dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  21. Tabel 1.6 : Analisis Perbandingan Komnas HAM dengan Komisi
  22. Tabel 1.7 : Upaya Penegakan Hak Asasi Manusia di Indonesia
  23. Tabel 2.1 : Perwujudan Rasa Syukur atas Kemerdekaan
  24. Tabel 2.2 : Contoh Perilaku atau Sikap dalam Pokok Pikiran
  25. Tabel 2.3 : Perwujudan terhadap Cita-Cita dan Tujuan Nasional
  26. Tabel 2.4 : Perwujudan Kedaulatan Rakyat dalam Negara Hukum
  27. Tabel 2.5 : Bentuk Perwujudan Partisipasi Politik Bebas Aktif dalam Perdamaian Dunia
  28. Tabel 3.1 : Komentar dan Pertanyaan atas Artikel
  29. Tabel 3.2 : Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  30. Tabel 3.3 : Bentuk Pemerintahan Republik Indonesia
  31. Tabel 3.4 : Perbandingan Sistem Pemerintahan Presidensial dan Parlementer
  32. Tabel 3.5 : Sistem Pemerintahan Republik Indonesia
  33. Tabel 3.6 : Penerapan Sifat dan Hakikat Negara
  34. Tabel 3.7 : Pemilihan Umum di Indonesia
  35. Tabel 3.8 : Penerapan Negara Hukum Republik Indonesia
  36. Tabel 4.1 : Pertanyaan atas Artikel
  37. Tabel 4.2 : Makna Otonomi Daerah di Indonesia
  38. Tabel 4.3 : Makna Desentralisasi dan Otonomi Daerah di Indonesia
  39. Tabel 4.4 : Makna Kedudukan dan Peran Pemerintah Pusat
  40. Tabel 4.5 : Makna kedudukan dan Peran Pemerintah Daerah
  41. Tabel 4.6 : Hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah

Download Buku Guru dan Siswa Mapel PPKn Kelas X MA SMA SMK Kurikulum 2013


Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Download

Dengan membaca buku ini, cakrawala berpikir sebagai warga negara tentunya akan semakin luas dan kompetensi yang dimiliki juga akan semakin bertambah banyak serta baik kualitasnya. Semoga bermanfaat...
Buka Komentar