Skip to main content

Petunjuk Teknis Izin Operasional Pondok Pesantren Terbaru PDF


Pesantren merupakan lembaga pendidikan keagamaan Islam berbasis masyarakat untuk menghasilkan lulusan yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agamanya dan/atau menjadi ahli ilmu agama. Pesantren dituntut agar dapat mengarahkan, membimbing, membina, dan menghasilkan santri yang dapat menjalankan peranan dirinya sebagai seorang muslim dalam penguasaan ajaran agama Islam sebagai pemenuhan kewajiban-individu seorang muslim, dan / atau menghasilkan ahli ilmu agama Islam sebagai pemenuhan kewajiban-kolektif umat Islam.

Keberadaan pondok pesantren bertujuan untuk mengembangkan potensi santri agar mempunyai kemampuan, pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk menjadi ahli ilmu agama Islam (mutafaqqih fiddin) dan/atau menjadi muslim yang dapat mengamalkan ajaran agama Islam dalam kehidupannya sehari-hari.

Dengan demikian, penting bagi seluruh pemangku kepentingan untuk memahami kedudukan pesantren tidak hanya sebagai lembaga keagamaan dan lembaga pendidikan keagamaan, namun juga sebagai lembaga sosial kemasyarakatan. Hal inilah yang menjadi faktor penentu dimana meskipun sudah berumur ratusan tahun, pesantren sampai saat ini tetap eksis menjadi bagian integral kekuatan bangsa, bahkan semakin kokoh.

Pesantren lahir dan berkembang atas inisiasi dan peran masyarakat. Ini berarti bahwa pondok pesantren telah menyatu dengan masyarakat. Memisahkan pesantren dengan masyarakat berarti akan menggerus eksistensi pesantren yang selama ini menjadi kekuatan strategis dalam pemberdayaan masyarakat.

Karena itulah, maka pondok pesantren perlu diberikan payung hukum dibawah naungan pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama. Sebab ilmu pengetahuan, keterampilan, spriritual dan sosial juga bisa diperoleh di pesantren.

Payung hukum berupa izin operasional dari Kementerian Agama seperti yang tertuan dalam SK Dirjen Pendis Nomor 3408 Tahun 2018 yang akan memberikan gambaran seputar penyelenggaraan pondok pesantren meliputi: Ketentuan umum penyelenggaraan pesantren, Penetapan izin operasional pondok pesantren, Pemutakhiran izin operasional pondok pesantren, Ketentuan berlakunya izin operasional pondok pesantren.

Selain itu, juga terdapat contoh-contoh dokumen yang harus di lengkapi adalah:

  1. Contoh surat permohonan izin operasional pondok pesantren
  2. Contoh surat permohonan perpanjangan izin operasional pondok pesantren
  3. Format surat penyataan
  4. Formulir pengajuan izin operasional pondok pesantren
  5. Formulir pengajuan perpanjangan izin operasional pondok pesantren
  6. Instrumen verifikasi dan validasi izin operasional pondok pesantren
  7. Instrumen verifikasi faktual pencabutan izin operasional pondok pesantren
  8. Format keputusan penetapan izin operasional pondok pesantren
  9. Format keputusan pencabutan izin operasional pondok pesantren

Download Petunjuk Teknis Izin Operasional Pondok Pesantren Terbaru


Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Download

Demikian yang bisa saya bagikan kepada antum semua, semoga bisa memberikan manfaat untuk kemajuan dan peningkatan pondok pesantren ke dapan. Amin...
Info: Supaya mudah mengakses NomIfrod.com ini, silahkan klik icon 3 titik di browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa akses NomIfrod.com dari layar utama smartphone dengan klik ikon NomIfrod.com.