Silabus Tematik Terpadu SD MI Kurikulum 2013 Revisi 2018

Silabus Tematik Terpadu SD MI Kurikulum 2013 Revisi 2018
Silabus Tematik Terpadu SD MI Kurikulum 2013 Revisi 2018

Model Silabus Tematik Terpadu SD MI Kurikulum 2013 Revisi 2018. Pembelajaran dengan pendekatan tematik ini mencakup kompetensi mata pelajaran PPKn, bahasa indonesia, matematika, IPA, IPS, seni budaya, dan prakarya, dan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Sedangkan mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti tidak termasuk mapel tematik. Tematik dilaksanakan di semua kelas di SD MI baik kelas rendah (I-III) maupun kelas tinggi (IV-VI).

Di kelas rendah belum ada mata pelajaran IPA IPS yang berdiri sendiri namun muatan IPA IPS diintegrasikan ke dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Untuk mata pelajran matematika dan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dilakukan secara tematik hanya sampai kelas III, untuk selanjutnya diajarkan sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri.

Pembelajaran tematik terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam satu tema. Penentuan tema yang dijadikan sebagai ide besar dari pembelajaran yang menghubungkan konsep dan kompetensi yang ingin dicapai oleh siswa.

baca juga:
RPP Silabus Promes MI Kelas 4 K13
RPP Silabus Prota Promes Kelas 6 SD MI K13
RPP Silabus Prota Promes Ekonomi MA SMA Kelas X K13

Pendekatan ini dimaksudkan agar siswa tidak belajar secara parsial sehingga pembelajaran dapat memberikan makna yang utuh pada siswa seperti yang tercermin pada berbagai tema yang tersedia. Oleh karena itu, pendidikan perlu dipersiapkan para peserta didik agar dapat hidup di masa depan dan beradaptasi dengan lingkungan yang terus berubah melalui berfikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaborasi.

Selain itu peserta didik juga dipersiapkan dengan kemampuan untuk menerapkan pengetahuan sebagai suatu keterampilan dalam kehidupan sehari-hari sebagai aplikasi dari kemampuan baca tulis, berhitung, literasi sains, literasi informasi teknologi dan komunikasi, literasi keuangan, dan literasi budaya dan kewarganegaraan.

Silabus tematik yang dikembangkan oleh pusat kurikulum merupakan suatu model satuan pendidikan dapat mengembangkan silabus tematik dengan mengambil tema yang disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan. Satuan pendidikan juga dapat langsung menggunakan model silabus ini atau dapat juga dengan mengadaptasi sesuai karakteristik satuan pendidikan.

Download Silabus Tematik Terpadu SD MI Kurikulum 2013 Revisi 2018


Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Download

Demikian dari saya admin Blog NomIfrod tentang model silabus tematik terpadu revisi 2018 kurikulum 2013, semoga bisa memberikan manfaat untuk pendidikan di seluruh Indonesia.
Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya