Skip to main content

Dokumen 1 MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru


Dokumen 1 MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru - Dokumen 1 termasuk hal penting karena berisi tentang kurikulum yang digunakan madrasah tersebut yang mengacu pada kurikulum yang telah ditentukan oleh kementerian agama. Dokumen 1 nantinya menjadi pedoman dalam penyusunan dokumen 2 seperti silabus, RPP, prota dan promes.

Selain itu, dokumen 1 juga dibutuhkan ketika madrasah tersebut ditunjuk untuk melaksanakan akreditasi. Dan perlu diketahui bahwa dokumen 1 ini dibuat setiap 1 tahun pelajaran seperti halnya dokumen 2.

Manfaat kurikulim meliputi manfaat kurikulum bagi sekolah / madrasah, manfaat kurikulum bagi guru, manfaat kurikulum bagi masyarakat, manfaat kurikulum orang tua, dan manfaat kurikulum bagi siswa itu sendiri..

Manfaat kurikulum bagi sekolah


  1. Kurikulum dijadikan sebagai alat untuk mencapai suatu tujuanpendidikan, baik itu dalam tujuan nasional, institusional, kurikuler, maupun dalam tujuan instruksional. Dengan adanya suatu kurikulum maka tujuan-tujuan pendidikan yang diinginkan oleh sekolah tertentu dapat tercapai.
  2. Mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan (KTSP).
  3. Memberi peluang yang lebih luas kepada sekolah-sekolah plus untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan (KTSP).

Manfaat kurikulum bagi guru


  1. Kurikulum sebagai pedoman bagi guru dalam merancang, malaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran.
  2. Membantu guru untuk memperbaiki situasi belajar.
  3. Membantu guru menunjang situasi belajar ke arah yang lebih baik.
  4. Membantu guru dalam mengadakan evaluasi kemajuan kegiatan belajar mengajar.
  5. Memberikan pengertian dan pemahaman yang baik bagi guru untuk menjalankan tugas sebagai pengajar yang baik di kelas.
  6. Mendorong guru untuk lebih kreatif dalam penyelenggaraan program pendidikan.

Manfaat kurikulum bagi masyarakat


  1. Sebagai acuan untuk berpartisipasi dalam membimbing putra/putrinya di sekolah (dalam hal ini orang tua sebagai bagian dari masyarakat).
  2. Dengan mengetahui suatu kurikulum sekolah, masyarakat dapat berpartisipasi dalam rangka memperlancar program pendidikan, serta dapat memberikan kritik dan saran yang membangun dalam penyempurnaan program pendidikan di sekolah.

Manfaat kurikulum bagi OrangTua


Bagi orang tua, kurikulum bermanfaat sebagai bentuk adanya partisipasi orang tua dalam membantu usaha sekolah dalam memajukan putra putrinya. Bantuan yang dimaksud dapat berupa konsultasi langsung dengan sekolah/guru mengenai masalah-masalah menyangkut anak-anak mereka. Bantuan berupa materi dari orang tua anak dapat melalui lembaga BP-3. Dengan membaca dan memahami kurikulum sekolah, para orang tua dapat mengetahui pengalaman belajar yang diperlukan anak-anak mereka, sehingga partisipasi orang tua ini pun tidak kalah pentingnya dalam menyukseskan proses belajar mengajar disekolah.

Download Dokumen 1 MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Download

Manfaat kurikulum bagi Siswa itu sendiri


Keberadaan kurikulum sebagai organisasi belajar tersusun merupakan suatu persiapan bagi anak didik. Anak didik diharapkan mendapatkan sejumlah pengalaman baru yang dikemudian hari dapat dikembangkan seirama dengan perkembangan anak, agar dapat memenuhi bekal hidupnya nanti. Kalau kita kaitkan dengan pendidikan Islam, pendidikan mestinya diorientasikan kepada kepentingan peserta didik, dan perlu diberi bekal pengetahuan untuk hidup pada zamannya kelak.
Info: Supaya mudah mengakses NomIfrod.com ini, silahkan klik icon 3 titik di browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa akses NomIfrod.com dari layar utama smartphone dengan klik ikon NomIfrod.com.
Ini Terbaru