Skip to main content
NOM IFROD

Rancangan Prota Prosem Dan Pemetaan KD SD MI Kurikulum 2013

Rancangan Prota Prosem Dan Pemetaan KD SD MI Kurikulum 2013 - Salah satu kemampuan pendukung yang diperlukan untuk merencanakan pembelajaran adalah keterampilan dalam merancang program tahunan, program semester, dan pemetaan kompetensi dasar.

Penyusunan program tahunan dan Program Semester, terdapat beragam alternatif format. Guru diberikan kebebasan dalam menentukan format yang digunakan. Di dalam modul ini, guru hanya diberikan contoh/ model pembuatan program-program tersebut.

Format penyusunan program tahunan dan semester pada modul ini, tidak mengalami perubahan jika dibandingkan penyusunan pada modul sebelumnya. Hanya ada tambahan contoh program tahunan dan program semester untuk mata pelajaran yang terpisah dari tematik.

Tujuannya adalah supaya para guru mampu menyusun Program Tahunan (Prota), Program Semester (Prosem) dan Pemetaan Kompetensi Dasar secara akurat.

Program Tahunan merupakan rencana umum pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang berisi rencana penetapan alokasi waktu satu tahun pembelajaran. Program tahunan perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Download Rancangan Prota Prosem Dan Pemetaan KD SD MI

Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Download

Langkah-langkah perancangan Program Tahunan

  1. Menelaah jumlah tema dan subtema pada suatu kelas.
  2. Menghitung jumlah Minggu Belajar Efektif (MBE) dalam satu tahun.
  3. Mendistribusikan alokasi waktu Minggu Belajar Efektif (MBE) ke dalam subtema.

Dalam menyusun Program Tahunan, komponen yang harus ada sebagai berikut:

  • Identitas (kelas, muatan pelajaran, tahun pelajaran)
  • Format isian ( tema, sub tema, dan alokasi waktu).

You Might Also Like: