Skip to main content
NOM IFROD

Model Penilaian Formatif Abad 21 SD MI Terbaru


Terdapat beberapa definisi tentang penilaian formatif. Higgins dkk. (2010), misalnya mendefinisikan penilaian formatif sebagai tugas yang dikerjakan oleh peserta didik selama proses pembelajaran agar peserta didik memperoleh umpan balik dari pendidik untuk memperbaiki capaian belajarnya, terlepas apakah pekerjaan peserta didik tersebut dinilai atau tidak.

Penilaian formatif yang biasa disebut assessment for learning adalah proses mengumpulkan data / informasi / bukti-bukti mengenai sejauh mana (seberapa baik) kemajuan peserta didik dalam menguasai kompetensi, menginterpretasikan data / informasi tersebut, dan memutuskan kegiatan pembelajaran yang paling efektif bagi peserta didik agar dapat menguasai materi / kompetensi secara optimal. Penilaian formatif merupakan bagian dari langkah-langkah pembelajaran, dilakukan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung yang merupakan bagian dari praktik keseharian pendidik dan peserta didik di dalam proses belajar mengajar di kelas

Penilaian formatif yang dilakukan pendidik tidak hanya penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) tetapi juga penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning). Penilaian sebagai pembelajaran yaitu proses penilaian yang dilakukan pendidik yang memungkinkan peserta didik melihat capaian dan kemajuan belajarnya untuk menentukan target belajar, misalnya dalam bentuk penilaian diri atau penilaian antar teman.

Penilaian formatif berbeda dengan penilaian sumatif. Penilaian sumatif dilaksakanan pada akhir pembelajaran satu atau beberapa kompetensi dasar. Hasil penilaian sumatif digunakan untuk membuat keputusan apakah seorang peserta didik dapat melanjutkan atau tidak dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya, naik kelas atau tidak, dan lulus atau tidak lulus. Hasil penilaian sumatif diperhitungkan dalam pengolahan nilai pada buku rapor.

Penilaian formatif adalah pengumpulan informasi (elisitasi). Pada tahap ini, pendidik mengumpulkan bukti-bukti mengenai penguasaan materi / kompetensi yang dapat dilakukan dengan berbagai macam teknik. Walaupun banyak teknik yang dapat digunakan untuk memperoleh data mengenai kemajuan penguasaan kompetensi peserta didik baik untuk ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan, namun juga terdapat beberapa teknik hanya cocok untuk ranah tertentu.

Oleh karena itu, teknik yang digunakan pendidik hendaknya sesuai dengan ranah kompetensi yang hendak diketahui kemajuan penguasaannya. Selain itu, teknik yang diterapkan hendaknya bervariasi dari waktu ke waktu. Teknik yang sama apabila digunakan beberapa kali dalam satu tatap muka bisa menjadikan peserta didik bosan. Sebaiknya beberapa teknik elisitasi informasi yang berbeda digunakan. Akan lebih baik lagi kalau teknik yang diterapkan mengandung unsur menyenangkan / menghibur / permainan.

Download Model Penilaian Formatif


Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Model Penilaian Formatif

Perlu diingat bahwa penilaian formatif umumnya tidak dilakukan secara formal dengan alat ukur atau instrumen yang standar. Pelaksanaannya juga biasanya tidak dengan aturan yang ketat seperti pada penilaian sumatif.

You Might Also Like: