Contoh Penilaian Harian Mingguan dan Semester PAUD TK RA

Contoh Penilaian Harian Mingguan dan Semester PAUD TK RA
Contoh Penilaian Harian Mingguan dan Semester PAUD TK RA

Contoh Penilaian Harian Mingguan dan Semester PAUD TK RA - Penilaian pada pendidikan anak usia dini (PAUD) dilaksanakan pada saat anak bermain, berinteraksi dengan teman atau guru, saat anak mengomunikasikan pikiran melalui hasil karyanya dan penilaian seperti ini dilakukan setiap hari.

Penilaian Harian, Mingguan, Semester PAUD / TK / RA Tahun 2020 ini merupakan format terbaru yang sudah banyak digunakan sebagai referensi dalam melakukan penilaian pembelajaran pada lembaga pendidikan anak usia dini seperti PAUD, TK, RA, KB, TPA.

Penilaian Harian PAUD dilaksanakan guna mengumpulkan informasi tentang perkembangan dan pertumbuhan anak usia dini di sekolah PAUD yang dilakukan tiap pertemuan. Sedangkan Penilaian Mingguan PAUD, dan Penilaian Semester PAUD dilakukan pada durasi waktu tiap minggu yang akan terakumulasi penilaian semester.

Hal penting yang harus dipahami dan dirubah pemahaman guru bahwa hasil karya anak bukan untuk dinilai bagus tidaknya tetapi untuk dianalisa kemajuan perkembangan yang di capai anak.

Penilaian perkembangan dalam pendidikan anak usia dini baik RA TK atau KB, bukan hal yang sederhana karena banyak faktor yang perlu diperhatikan pada saat pengumpulan fakta, analisa terhadap perilaku anak saat bermain, dan analisa hasil karya anak.

Penilaian dilakukan dengan berbagai macam cara, yaitu Pengamatan (Observasi), Lisan, Tertulis, dan lain-lain serta pengumpulan nilai bisa sebelum proses pembelajaran (pre test), ketika sedang dalam proses pembelajaran dan setelah proses pembelajaran (post test).

Unduh Penilaian TK RA PAUD

Itu saja dari saya, semoga bermanfaat...

Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya