Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional SMP 2021

Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional SMP 2021
Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional SMP 2021

Kompetisi Sains Nasional SMP - Perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang sains mengalami kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan maupun bidang teknologi lainnya. Penguasaan ilmu pengetahuan seperti Matematika, IPA, dan IPS merupakan salah satu modal utama bagi kemajuan suatu bangsa dan menjadi indikator seberapa jauh pencapaian suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Untuk menguasai bidang ilmu pengetahuan di masa depan diperlukan penguasaan materi yang kuat sejak dini.

Upaya tersebut harus ditempuh dengan merealisasikan pendidikan yang berorientasi pada kemampuan berkreasi dalam memecahkan masalah yang dihadapi pada kehidupan seharihari. Oleh karena itu, paradigma pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, kreativitas, serta berpikir kritis harus diaplikasikan dalam setiap langkah pengembangan kebijakan pendidikan di masa yang akan datang.

Menindaklanjuti hal di atas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Sekretariat Jenderal melalui Pusat Prestasi Nasional, melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan di bidang Matematika, IPA, dan IPS antara lain melalui penyelenggaraan kompetisi Matematika, IPA, dan IPS yang dikenal dengan nama Kompetisi Sains Nasional (KSN).

Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu melalui kegiatan KSN ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif.

Kemampuan-kemampuan itulah yang diperlukan agar peserta didik dapat bertahan pada keadaan yang penuh kompetisi. Kegiatan kompetisi ini sekaligus dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik dalam menguasai dan menciptakan teknologi baru di masa depan.

Mengingat Indonesia saat ini masih dalam kondisi pandemic Covid-19, kegiatan KSN SMP kembali dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan media teknologi dan jaringan internet. Pemanfaatan media teknologi dalam kompetisi ini masih merupakan suatu hal yang relatif baru bagi peserta didik. Oleh karena itu, maka panduan teknis kegiatan KSN SMP tahun 2021 ini tetap disesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini.

A. Tujuan Umum

Tujuan umum KSN SMP tahun 2021 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS bagi peserta didik SMP dan/atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong.

Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilainilai sportivitas.

B. Tujuan Khusus

Tujuan khusus KSN SMP Tahun 2021 adalah sebagai berikut:

a. menyediakan wadah bagi peserta didik SMP dan/atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika, IPA, dan IPS sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya;

b. memotivasi peserta didik SMP dan/atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuanspiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik;

c. mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika, IPA, dan IPS dalam kehidupan sehari-hari;

d. memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS di SMP dan/atau yang sederajat;

e. memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan;

f. memotivasi pemangku kepentingan untuk menanamkan nilai spiritual, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

C. Tema

Tema pelaksanaan KSN SMP 2021 adalah:

"Aku Hebat, Aku Sehat, Indonesiaku Kuat"

D. Ruang Lingkup

Ruang lingkup KSN SMP tahun 2021 ini meliputi:

1. Bidang yang dilombakan adalah Matematika, IPA, dan IPS.

2. Jangkauan sekolah sasaran meliputi SMP dan/atau yang sederajat di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

3. Pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan KSN SMP 2021 adalah Pusat Prestasi Nasional, akademisi dan tim teknologi informasi.

4. Lingkup proses:

a. Penyiapan panduan teknis pelaksanaan KSN SMP tahun 2021 sesuai protokol kesehatan Covid-19.

b. Pelaksanaan kompetisi oleh peserta dari rumah atau sekolah dengan mekanisme daring/online dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

c. Pengawasan lomba oleh orang tua, sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, panitia pusat, dan bantuan teknologi.

d. Penilaian dilakukan oleh tim juri dari Pusat Prestasi Nasional.

e. Pengambilan keputusan peringkat dan juara, serta pengumumannya dari Pusat Prestasi Nasional.

E.Pengertian dan Batasan Umum

1. Sains adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu di mana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dan di mana pun.

2. KSN SMP adalah suatu kegiatan berkelanjutan yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional, bersifat kompetisi di bidang Matematika, IPA, dan IPS antar Peserta Didik SMP dan atau yang sederajat.

3. Lomba secara daring/online ialah lomba yang menggunakan sarana jaringan internet sebagai media transfer data dan informasi, dimana pengiriman dan penerimaannya seketika(real-time) ataupun tertunda (tersimpan di server cloud) sebelum diunduh.

Download Panduan KSN SMP 2021

Filenya bisa anda download pada link berikut ini:

Juknis KSN SMP
Silabus KSN SMP
Surat Keterangan sekolah
Surat pernyataan pendamping
Surat pernyataan siswa

4. Protokol kesehatan Covid-19 adalah suatu prosedur atau tata cara yang diatur oleh Kementerian Kesehatan dalam rangka menyikapi pandemi virus Covid-19 agar terhindar dari penularan virus Covid-19 dari satu orang ke orang lain.

Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya