Petunjuk Teknis Kegiatan Pengembangan Karakter Siswa Madrasah

Petunjuk Teknis Kegiatan Pengembangan Karakter Siswa Madrasah
Petunjuk Teknis Kegiatan Pengembangan Karakter Siswa Madrasah

Petunjuk Teknis Kegiatan Penguatan Pengembangan Karakter Siswa Madrasah - Madrasah, sebagai lembaga pendidikan Islam di Indonesia memiliki andil besar dalam mewujudkan visi tersebut. Kemampuan Madrasah untuk tetap eksis, jauh sejak sebelum Indonesia merdeka hingga saat ini dapat menjadi bukti kehebatan Madrasah. Lembaga pendidikan Islam yang memiliki karakter khas dan unik. Meski mengadopsi sistem pendidikan modern, tetapi Madrasah tidak pernah lepas dari nilai-nilai sejarah dan konteks sosial-budaya yang melingkupinya.

Generasi yang dihasilkan Madrasah pun, bukan semata cerdas secara intelektual, tetapi juga matang secara spiritual. Generasi yang tidak hanya "hebat", tetapi juga "bermartabat", generasi yang tidak hanya cerdas (secara akal), tetapi juga santun dalam menyikapi dinamika kehidupan: generasi yang tidak hanya mementingkan diri sendiri (invidualistis), tetapi peduli dengan sesama dan lingkungan sekitarnya.

Di sinilah urgensi pelaksanaan kegiatan "Penguatan Pengembangan Karakter Siswa dalam Moderasi Beragama" bagi para siswa Madrasah. Selain sebagai upaya mencegah intoleransi, radikalime dan ekstremisme juga menjadi salah satu ikhtiar nyata Direktorat KSKK Madrasah dalam rangka merawat Kebhinekaan Indonesia.

Namun demikian, karena pada tahun 2021 bangsa Indonesia masih berada pada nuansa Pandemi Covid-19, maka pola pelaksanaan kegiatan ini pun harus menyesuaikan dengan kebijakan penanganan Covid-19 dan standar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui Keputusan Dirjen Pendis Kemenag RI Nomor 1921 Tahun 2021.

A. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai berikut:

1. Memperkuat karakter siswa dalam moderasi beragama

2. Menanamkan nilai-nilai Islam wasathiyyah dan Keindonesiaan kepada siswa madrasah di Indonesia

3. Meningkatkan pengetahuan siswa madrasah terhadap Islam wasathiyyah dan Keindonesiaan

4. Memperkuat karakter Islam wasathiyyah dan Keindonesiaan serta pemahaman keberagamaan yang moderat terhadap siswa madrasah di Indonesia.

5. Memperkuat sikap keberagamaan dalam konteks Keindonesiaan di kalangan siswa madrasah di Indonesia.

B. Bentuk Kegiatan

Bentuk kegiatan ini adalah menyeleksi, melatih hingga memilih para calon inisiator dan motivator muda moderasi yang akan menjadi "Duta Harmoni: Duta Hebat-Bermartabat, Moderat dan Anti K0rupsi" di lingkup siswa Madrasah Aliyah (MA). Adapun tahapannya adalah sebagai berikut:

1.Penyusunan petunjuk teknis

Kegiatan ini menyiapkan dokumen yang berisi petunjuk teknis kegiatan "Penguatan Pengembangan Karakter Siswa Madrasah Dalam Moderasi Beragama".

2. Sosialisasi

Kegiatan ini dilakukan untuk mendiseminasi program dan berbagai kegiatan "Penguatan Pengembangan Karakter Siswa Madrasah dalam Moderasi Beragama".

3. Seleksi

Setelah dilakukan sosialisasi, tahapan berikutnya adalah menyeleksi para calon inisiator dan motivator muda yang akan menjadi Duta Harmoni. Pada tahap ini, para peserta harus mengirimkan konsep dan video Rencana Aksi Kegiatan yang selanjutnya akan diseleksi oleh tim juri.

4. Pelatihan dan Mentoring Duta Harmoni

Peserta seleksi, kegiatan berikutnya adalah pelatihan/mentoring yang akan dilakukan secara blended yakni daring dan luring. Pada tahap ini, para peserta akan memperoleh masukan dan pengayaan Rencana Aksi Kegiatan yang sudah disiapkan oleh para peserta untuk diimplementasikan dalam tahapan Impelementasi Rencana Aksi Kegiatan.

5. Implementasi Rencana Aksi Kegiatan

Dalam kegiatan ini, para peserta terpilih akan menjalankan Rencana Aksi Kegiatan yang telah mendapat masukan dan pengayaan dari tim mentor pusat. Dalam kegiatan ini, tim Direktorat KSKK akan memantau dan mendiskusikan proses aksi kegiatan yang dilakukan oleh para peserta terpilih. Tugas pokok tim Direktorat KSKK adalah melakukan pendampingan dan supervisi.

6. Pendampingan/Pendalaman/Best practices

Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperkuat aspek pengetahuan para calon Duta Harmoni dengan menyelenggarakan pelatihan / mentoring secara virtual sebanyak 2 (dua) kali.

7. Apresiasi Duta Harmoni

Kegiatan ini sebagai apresiasi terhadap Duta Harmoni yang telah menjalankan program aksi kegiatan. Duta Harmoni diarahkan menjadi penggerak moderasi di kalangan siswa Madrasah Aliyah (MA).

Kembali ke Atas ↑

C. Materi/Tema Kegiatan

Secara umum, materi/tema kegiatan berpijak pada kebiasaan dan perilaku sehari-hari dan keterlibatan siswa atau madrasah dalam kegiatan sosial- kemasyarakatan. Beberapa buku sebagai bahan bacaan dalam “Membangun Karakter Moderat: Modul Penguatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada MA”, yang diterbitkan oleh Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jendral Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia. Soft-file buku ini dapat diunduh dengan cara mengakses laman: https://madrasah2.kemenag.go.id/buku/. Buku ini memuat beberapa topik dan/indikator utama moderasi beragama, yaitu:

1. Visi rahmatan lil alamin

a) Kemaslahatan umum

b) Akhlak karimah

c) Kesalehan sosial

2. Komitmen Kebangsaan

a) Realitas keragaman

b) Prinsip kemajemukan

c) Empat pilar kebangsaan

3. Adil terhadap sesama

a) Kesetaraan

b) Anti k0rupsi

c) Ramah lingkungan

4. Persaudaraan

a) Ukhuwah Islamiyah

b) Ukhuwah wathoniyah

c) Ukhuwah basyariyah

5. Akomodasi budaya lokal

a) Etos kerja warisan leluhur

b) Melestarikan kesenian lokal

c) Melestarikan nilai sastra leluhur

6. Santun dan bijak

a) Berperilaku santun

b) Dakwah santun

c) Kepemimpinan yang bijaksana

7. Inovatif, kreatif dan mandiri

a) Berpikiran terbuka

b) Bernalar kritis

c) Berjiwa kompetitif

D. Waktu Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan “Penguatan Pengembangan Karakter Siswa Madrasah” ini dilaksanakan pada tahun 2021 dengan rincian waktu pelaksanaan sebagai berikut:

Waktu Pelaksanaan Kegiatan Penguatan Pengembangan Karakter Siswa Madrasah
Kembali ke Atas ↑

E. Ketentuan (Desain) Pelaksanaan Kegiatan

Mengingat dan mempertimbangkan situasi dan kondisi pandemi Covid-19, maka desain pelaksanaan kegiatan ini direncanakan secara blended antara daring dan luring. Dengan rincian sebagai berikut:

1. Persiapan

a. Tim pelaksana.

Tim ini terdiri dari tim kepanitiaan teknis dan tim ahli yang ditunjuk oleh Direktur KSKK Madrasah untuk melaksanakan kegiatan "Penguatan Pengembangan Karakter Siswa Madrasah".

b. Penyusunan Juknis.

Tahap ini dilaksanakan oleh tim ahli bersama dengan tim pelaksana. Petunjuk teknis inilah yang selanjutnya dijadikan sebagai acuan pelaksanaan kegiatan "Penguatan Pengembangan Karakter Siswa Madrasah".

c. Koordinasi grand design pelaksanaan kegiatan.

Tahap ini dilakukan secara bersama-sama oleh tim pelaksana, tim ahli, Direktorat KSKK Madrasah, Kabid dan Kasi Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam di tingkat wilayah maupun Kabupaten/Kota, perwakilan Madrasah dan pihak lain yang menjadi pendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan "Penguatan Karakter Siswa Madrasah dalam Moderasi Beragama" di madrasah.

2. Sosialisasi

Tahap ini menitikberatkan pada penyampaian dan penyebarluasan informasi mengenai adanya kegiatan "Penguatan Karakter Siswa dalam Moderasi Beragama"di Madrasah. Sehingga di dalam tahap sosialisasi ini akan diisi tentang:

a. Arahan Direktur KSKK Madrasah

b. Penyampaian mengenai petunjuk teknis kegiatan

c. Partisipasi dan keterlibatan madrasah

3. Pelaksanaan

Program "Penguatan Karakter Siswa dalam Moderasi Beragama" ini adalah ikhtiar Direktorat KSKK untuk melakukan penguatan pengembangan karakter siswa pada tingkat Madrasah Aliyah. Kegiatan ini akan menyeleksi, melatih dan memilih para calon "Inisiator dan Motivator Muda Moderasi Beragama", yang akan menjadi "Duta Harmoni: Duta Hebat-Bermartabat, Moderat dan Antik0rupsi".

Adapun tahapan pelaksanaannya adalah sebagai berikut:

a. Sosialisasi tahapan pelaksanaan dilaksanakan pada bulan April 2021.

b. Seleksi peserta akan dilaksanakan secara blended (daring dan luring) melalui seleksi administrasi dan seleksi konten (naskah dan video) dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi Covid-19 dengan rincian tahapan sebagai berikut:

(1) Pendaftaran peserta akan dimulai pada tanggal bulan April-Mei 2021 dengan ketentuan sebagai berikut:

Pendaftaran peserta dan unggah dokumen melalui: https://emadrasah.kemenag.go.id/dutaharmoni2021

Peserta kegiatan ini adalah para siswa Madrasah Aliyah (MA) kelas 10 dan atau kelas 11, baik dari madrasah negeri maupun madrasah swasta.

Setiap Madrasah Aliyah (MA) dapat mengirimkan minimal 1 (satu) peserta (Putra atau Putri) dan maksimal 2 (dua) peserta (Putra dan atau Putri).

Setiap peserta wajib mengirimkan soft-file kartu pelajar, data diri (1 halaman) dan surat rekomendasi dari Kepala Madrasah dengan format pdf,

Setiap peserta wajib mengirimkan 1 (satu) konsep Rencana Aksi Kegiatan berdasarkan pengalaman siswa dan sesuai dengan kandungan materi/tema kegiatan dengan format berikut:

  • Format file pdf:
  • Size A4,
  • Font Times New Roman 12:
  • Margin 4 3 4 3,
  • Maksimal 1.200 kata (minimal memuat judul Rencana Aksi Kegiatan, gambaran kondisi siswa dan madrasah, cerita pengalaman siswa, rencana aksi ke depan)

Setiap peserta wajib mengirimkan 1 (satu) file video rekaman berisi aktivitas yang sudah dilakukan peserta yang terkait dengan moderasi beragama dengan durasi maksimal 3 (tiga) menit, dengan cara upload di youtube lalu kirimkan link video youtube ke alamat web di atas.

(2) Seluruh konsep Rencana Aksi Kegiatan dan video rekaman yang telah diterima oleh panitia, selanjutnya akan diseleksi oleh tim Juri yang ditunjuk oleh Direktur KSKK Madrasah, dengan tahapan sebagai berikut:

Tim Juri akan memilih 36 (tiga puluh enam) peserta terbaik dengan mempertimbangkan keterwakilan propinsi secara proporsional, untuk selanjutnya diberikan pembinaan dan pendampingan dari para mentor yang telah ditunjuk oleh Direktur KSKK Madrasah.

Proses pembinaan dan pendampingan dilakukan dalam bentuk Training Camp. Duta Harmoni yang dilaksanakan secara daring dan atau luring dengan mempertimbangkan situasi Covid-19. Kegiatan training camp ini dilakukan secara blended yakni daring dan luring. Dalam training ini nanti, para peserta akan memfinalisasi Rencana Aksi Kegiatan untuk diimplementasikan dalam tahapan Impelementasi Rencana Aksi Kegiatan.

36 (tiga puluh enam) peserta yang telah mengikuti pembinaan dan pendampingan akan mengimplementasikan Rencana Aksi Kegiatar. Dalam kegiatan ini, para peserta terpilih akan menjalankan rencana aksi kegiatan yang telah mendapat masukan dari tim Direktorat KSKK. Dalam kegiatan ini, tim Direktorat KSKK akan ikut memantau dan mendiskusikan proses aksi kegiatan yang dilakukan oleh para calon Duta Harmoni. Tugas pokok Tim Direktorat KSKK adalah melakukan pendampingan dan supervisi.

Kegiatan berikutnya adalah melakukan Pendampingan dan Pendalaman (Best Practices). Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperkuat aspek pengetahuan Duta Harmoni dengan menyelenggarakan pelatihan atau mentoring Duta Harmoni secara virtual. Dalam kegiatan ini dimungkinkan adanya berbagi pengalaman dan pembelajaran terkait implementasi Rencana Aksi Kegiatan.

Selanjutnya tim juri akan memilih 10 (sepuluh) peserta untuk mempresentasikan hasil Rencana Aksi Kegiatan yang sudah dilakukan oleh para calon Duta Harmoni.

Dari performance atau presentasi yang dilakukan 10 (sepuluh) peserta ini, selanjutnya tim juri akan memilih 3 (tiga) peserta terbaik, untuk diberikan penghargaan oleh Direktorat KSKK Madrasah. Untuk memilih peserta terbaik, tim Direktorat KSKK akan memberikan apresiasi.

(3) Semua naskah dan video yang sudah dikirimkan menjadi hak milik Direktorat KSKK Madrasah. Direktorat KSKK berhak mempublikasikan dalam bentuk apapun dengan tetap mencantumkan identitas pembuat.

(4) Keputusan dewan juri bersifat final, mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

(5) Setiap peserta berhak didampingi oleh pendamping dari madrasah, yang berasal dari tenaga pendidik/guru di lingkungan madrasah setempat yang ditugaskan oleh kepala madrasah.

4. Monitoring dan Evaluasi

a. Pelaksanaan proses monitoring dan evaluasi dilakukan secara daring, yang akan difokuskan pada proses pelaksanaan dan tercapainya target output kegiatan “Penguatan Karakter Siswa dalam Moderasi Beragama.”

b. Tahap ini dilakukan dalam kerangka menjaga kualitas pelaksanaan, target output dan keberlanjutan program di masa mendatang.

c. Proses dan tahapan pelaksanaan monitoring dan evaluasi akan dilakukan oleh tim monitoring dan evaluasi dengan cara menyebarkan kuesioner secara daring kepada para peserta kegiatan.

d. Instrumen monitoring dan evaluasi serta laporan hasilnya akan disusun oleh tim monitoring dan evaluasi yang ditunjuk oleh Direktur KSKK Madrasah.

Kembali ke Atas ↑

F. Download Juknis Kegiatan

Filenya bisa anda download pada link berikut ini:

Download

Demikian dari saya tentang Petunjuk Teknis Kegiatan Penguatan Pengembangan Karakter Siswa Madrasah. Semoga dengan adanya program kegiatan ini mampu meningkatkan output siswa madrasah ke depan. Amin

Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya