Skip to main content
NOM IFROD

Update Terbaru Buku Matematika SD MI Kelas 4 5 6 K13

Update Terbaru Buku Matematika SD MI Kelas 4 5 6 K13 - Matematika adalah induk dari semua ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi dan informasi tidak terlepas dari perkembangan matematika. Penguasaan matematika hendaknya dimulai dari jenjang dasar. Oleh karena itu, diperlukan metode dan sarana yang menarik siswa dalam mempelajari matematika. Salah satu bentuk nyatanya adalah buku teks pelajaran yang memiliki muatan bagus dan disajikan secara menarik.

Tujuan disusunnya buku ini adalah untuk membantu guru agar dapat memfasilitasi siswa belajar dan memahami materi matematika sebagaimana diamanatkan dalam Kurikulum 2013 yang direvisi. Pendekatan yang digunakan menggunakan adalah scientific approach atau 5 M, yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Masing-masing tahapan disajikan secara detail untuk membantu siswa dalam melakukan aktivitas ilmiah berbasis berfikir tingkat tinggi.

Dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah, diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan literasinya, pemahaman, keterampilan, serta aspek sikap yang baik. Tentu, kemampuan mengkoneksikan apa yang dipelajari dengan lingkungan sekitarnya menjadi perhatian yang tak terabaikan.

Beberapa aspek penting yang disampaikan dalam buku ini adalah adanya narasi awal pembelajaran dengan menyajikan masalah-masalah kontekstual, guru memfasiltasi siwa dalam proses pembelajaran problem based learning, discovey learning, dan collaborative learning. Siswa juga didorong untuk dapat membuat kaitan-kaitan penting antar sub materi, dan antar materi dengan alam sekitar anak. Literasi dan koneksi siswa dinilai dengan menggunakan authentic assessment.

Isi buku Senang Belajar Matematika ini disusun berdasarkan Kurikulum 2013 yang mengacu pada Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Proses pembelajaran dalam buku ini memuat pendekatan Saintifik, Discovery Learning, Problem Base Instruction, Project Base, Activity Base, Real Life, High Order Thiking Skills (HOTS), penilaian autentik, dan kecakapan Abad 21 (Komunikasi, Kolaborasi, Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Kreativitas, dan Inovasi).

baca juga:
Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran
Model Problem Based Learning
Model Project Based Cooperative Learning
5 Strategi Pembelajaran Abad 21

Muatan-muatan tersebut dikemas dalam kegiatan-kegiatan diantaranya mengamati, aktivitas dengan kerja bersama, kegiatan latihan, kegiatan eksplorasi, pertanyaan kritis, ayo berlatih, tugas proyek, dan uji kompetensi. Buku ini juga disempurnakan dengan adanya berbagai literasi guna mendukung pencapaian maksimal siswa.

Penilaian mengacu pada penilaian sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Pada buku ini diberikan alternatif rubrik dan contoh penilaian sebagai sumber guru dalam mengembangkan penilaian sesuai dengan karakteristik siswa masing-masing. Terbitnya buku ini diharapkan guru dapat menerapkan penilaian yang mencakup domain Kompetensi Inti I dan II (sikap), Kompetensi Inti III (pengetahuan), dan Kompetensi Inti IV (keterampilan).

Download Buku Matematika SD MI Kelas 4 5 6 K13

Filenya bisa anda download pada link berikut ini:

BG Matematika 4
BS Matematika 4
BG Matematika 5
BS Matematika 5
BG Matematika 6
BS Matematika 6

Itu saja dari saya, semoga bermanfaat...

Sumber: http://buku.kemdikbud.go.id/

Berbagi Itu Indah:

Mungkin Anda Suka:

Newest PostNewest Post