Skip to main content

Buku Panduan Pendidik PAUD Kurikulum 2013 Anak Usia 4-5 Tahun

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 (enam) tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Di lembaga PAUD, pendidik mempunyai peran yang sangat penting untuk membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di PAUD diatur pada sebuah kurikulum yang dikembangkan oleh lembaga. Hal ini sesuai dengan pengertian kurikulum yang ada pada Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyebutkan bahwa Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Mengingat pentingnya masa usia dini, Pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 137 tahun 2014 tentang Standar PAUD dan nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Standar PAUD merupakan kriteria tentang pengelolaan dan penyelenggaraan PAUD di seluruh wilayah Indonesia yang menggambarkan kualitas minimal penyelenggaraan pendidikan anak usia dini sedangkan Kurikulum 2013 PAUD merupakan cara yang harus dilakukan untuk mencapai standar yang telah ditetapkan.

Kurikulum ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang seluas-luasnya untuk setiap anak dalam mengembangkan kemampuan yang berupa sikap, pengetahuan dan keterampilan yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Oleh karena itu karakteristik Kurikulum 2013 PAUD dikembangkan dengan mengacu pada standar dan kurikulum berbasis kompetensi.

Pada lembaga PAUD, pendidik mempunyai peran yang sangat penting untuk membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 137 tahun 2014 tentang Standar PAUD dan nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, mendorong Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan buku panduan yang operasional sebagai sumber ide/gagasan bagi guru dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran di PAUD. Buku panduan untuk Pendidik yang dikembangkan ditujukan untuk para pendidik yang melayani anak usia 4-5 tahun dan 5-6 tahun.

Untuk instrumen akreditasi, bisa anda lihat dan download pada artikel sebelumnya; instrumen akreditasi PAUD

Anak usia dini merupakan individu yang memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan lainnya. Pada saat ini sedang mengalami perkembangan otak yang sangat pesat dan dikatakan dengan masa emas (golden ages). Masa ini tidak akan terulang lagi.

Oleh karena itu, pemberian rangsangan pendidikan pada usia dini yang tepat sangat diperlukan untuk memastikan bahwa setiap anak mencapai perkembangan yang optimal sehingga mereka mempunyai landasan yang kuat untuk menempuh pendidikan selanjutnya.

Pendidik PAUD sebagai ujung tombak yang bertanggungjawab dalam pembelajaran diharapkan mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan yang melibatkan seluruh aspek perkembangan sehingga tercapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal.

Download Panduan Pendidik PAUD Kurikulum 2013

Filenya bisa anda download pada link berikut ini: Download

Buku panduan ini disusun untuk membantu pendidik melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan pembelajaran, meliputi:

  1. Karakteristik cara belajar anak usia dini
  2. Prinsip-prinsip pembelajaran PAUD
  3. Pendekatan Tematik Terpadu
  4. Pendekatan Saintfik di PAUD
  5. Sumber Belajar
  6. Alur Perencanaan Pembelajaran
  7. Tahapan Penyusunan Program Pembelajaran PAUD
  8. Pengelolaan Kelas
  9. Pengelolaan Pelaksanan Pembelajaran
  10. Metode Pembelajaran
  11. Model Pembelajaran
  12. Puncak Tema
  13. Pengertian Penilaian
  14. Tujuan Penilaian
  15. Teknik-teknik Penilaian
  16. Prosedur Penilaian
  17. Pola Penulisan Laporan Pencapaian Perkembangan Anak (LPPA)
  18. Teknik Penyampaian Hasil Penilaian
  19. Contoh Format LPPA
  20. Petunjuk Praktis Pengisian LPPA

Berbagi itu peduli:

Catatan:

File yang kami bagikan bisa langsung di download. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya

Menarik Untuk Dibaca Juga:

Privacy | Daftar Isi
©2021 NOM IFROD