Contoh Silabus Akidah Akhlak MA Kelas X Semester 1 dan 2

Contoh Silabus Akidah Akhlak MA Kelas X Semester 1 dan 2
Contoh Silabus Akidah Akhlak MA Kelas X Semester 1 dan 2

Salam sejahtera bagi guru di seluruh negeri semoga masih tetap semangat menjadi garda terdepan dalam mencerdaskan anak bangsa. Sekedar ingin berbagi contoh file administrasi pembelajaran kepada para guru atau kepala sekolah/madrasah berupa silabus Akidah Akhlak kelas 10 MA SMA semester ganjil dan genap.

Silabus adalah salah satu komponen perangkat pembelajaran dari rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu. Silabus juga merupakan suatu rincian detail tentang rencana mengajar guru yang disusun dalam kelompok tema atau mata pelajaran tertentu untuk menjadi acuan dalam penyusunan RPP, kisi-kisi soal dan lain-lain.

Komponen dari silabus Akidah Akhlak untuk MA kelas X kurikulum 2013 antara lain Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Indikator, Materi Pembelajaran, Alokasi waktu, Penilaian, dan Sumber Belajar yang digunakan.

Manfaat pembuatan silabus yaitu:

  1. Menjadi sumber utama dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  2. Memudahkan guru dalam memetakan ragam variasi pembelajaran yang akan dituangkan ke dalam RPP.
  3. Memudahkan guru dalam memetakan indikator-indikator pencapaian belajar yang harus dicapai oleh siswa.
  4. Memudahkan guru dalam merancang bentuk-bentuk penilaian dari setiap indikator yang ingin dicapai.
  5. Memudahkan guru dalam merumuskan atau mempadatkan pembelajaran

Pengembangan Silabus diserahkan sepenuhnya kepada setiap satuan pendidikan, khususnya bagi yang sudah mampu melakukannya. Oleh karena itu, setiap satuan pendidikan di beri kebebasan dan keleluasaan dalam mengembangkan silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing.

Download Silabus Akidah Akhlak MA Kelas 10

Filenya bisa anda download pada link berikut ini:

Silabus Akidah Akhlak

Silabus yang digunakan saat ini ada yang sudah menerapakan Kurikulum 2013 adapula yang masih menggunakan Kurikulum 2006 (KTSP), tergantung kebijakan lembaga masing-masing. Semoga bermanfaat...

Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya