Skip to main content

Modul Rencana Pembelajaran dan Penilaian Anak RA

Modul Rencana Pembelajaran dan Penilaian Anak RA - Keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan sangat ditentukan oleh mutu guru. Guru dituntut memiliki pengetahuan tentang isi (content knowledge) dan pengetahuan tentang pengajaran (pedagogical knowledge).

Salah satu ikhtiar untuk menguatkan pengetahuan guru tentang pengajaran adalah dengan memberikan modul. Modul pembelajaran pada RA digunakan sebagai pegangan dan pedoman guru juga pemangku kepentingan lain dalam mendampingi tumbuh kembang anak sesuai dengan tingkat usianya.

Keberhasilan suatu proses pembelajaran ditentukan oleh perencanaan yang matang. Perencanaan yang dilakukan dengan baik, maka setengah keberhasilan sudah dapat tercapai, setengahnya lagi terletak pada pelaksanaan.

Perencanaan menjadi acuan bagi guru Raudhathul athfal (RA) untuk melaksanakan kegiatan agar proses pembelajaran lebih terarah, efektif serta efisien. Selain itu perencanaan pembelajaran merupakan landasan pokok bagi guru dan anak dalam mencapai kompetensi dasar dan indikator yang ditetapkan.

Menyusun perencanan pembelajaran sama saja dengan merencanakan kegiatan main anak. Dalam praktek keseharian, masih banyak pertanyaan dari Guru RA tentang bagaimana menyusun perencanaan pembelajaran yang baik sesuai dengan prinsip pembelajaran, strategi pembelajaran yang digunakan, karateristik lingkungan alam, sosial dan budaya setempat, maka perlu adanya modul perencanaan pembelajaran bagi Guru RA.

Secara umum, modul ini membahas tentang hal-hal berikut ini :

  1. Konsep perencanaan pembelajaran
  2. Pengembangan tema
  3. Program semester
  4. Rencana pelaksanaan pembelajaran
  5. Konsep penilaian
  6. Teknik penilaian perkembangan anak
  7. Prosedur penilaian perkembangan
  8. Contoh Pengembangan Tema menjadi Sub Tema
  9. Contoh Pengembangan Sub tema
  10. Contoh Pokok Bahasan dari Sub-Sub Tema
  11. Model Pembelajaran
  12. Prinsip dalam Penilaian Perkembangan Anak
  13. Teknik Penilaian Perkembangan
  14. Prosedur Penilaian Anak di RA
  15. Contoh Cover penyimpanan Portofolio
  16. Identitas Anak
  17. Identitas Orang Tua

Dalam melakukan proses pembelajaran, selain perencanaan maka Guru tidak bisa lepas dengan proses penilaian. Seorang guru memiliki tugas merancang penilaian perkembangan anak. Nilai yang dapat dicapai oleh anak merupakan capaian dari hasil kegiatan pembelajaran anak yang dilaksanakan anak selama di RA.

Download Modul Pembelajaran dan Penilaian RA

Filenya bisa anda download pada link berikut ini:

Download modul

Penilaian yang dilakukan oleh Guru merupakan penilaian otentik dan komprehensif, meliputi: penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dilaksanakan secara terpadu dengan menggunakan prinsip-prinsip penilaian.

Penilaian tidak hanya sebagai pengamatan terhadap perkembangan atau hasil belajar anak, namun sebagai pengamatan terhadap program belajar yang diberikan kepada anak.

Berbagi itu peduli:

Catatan:

File yang kami bagikan bisa langsung di download. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya

Menarik Untuk Dibaca Juga:

Privacy | Daftar Isi
©2021 NOM IFROD