Modul Pengembangan Pembelajaran PAI di RA

Modul Pengembangan Pembelajaran PAI di RA
Modul Pengembangan Pembelajaran PAI di RA

Modul Pengembangan Pembelajaran PAI RA - Upaya menanamkan nilai-nilai agama kepada anak dapat ditempuh dengan berbagai cara, karena pendidikan anak usia dini mempunyai karakteristik yang sangat berbeda dengan pendidikan regular di tingkat satuan lainnya.

Implementasi tersebut hendaknya disesuaikan dengan usia dan perkembangan anak, sehingga pendidikan pada anak usia dini lebih menitikberatkan pada upaya untuk membangun, mengembangkan karakter, fitrah, potensi serta perkembangan anak. Guru hendaknya memiliki kepiawaian dalam memilih berbagai pendekatan pembelajaran yang memudahkan anak dalam mengingat dan memahami pelajaran yang hendak disajikan serta memilih wasilah yang disenangi anak-anak agar mereka tidak merasa terbelenggu dan terpaksa menerima suatu pengajaran yang diberikan.

Raudhatul Athfal (RA) sebagai salah satu lembaga pendidikan anak usia dini berciri khas Islam, sudah seharusnya mengembangkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang terpadu dalam kurikulum sesuai dengan karakteristik dan prinsip pembelajaran PAI pada pendidikan anak usia dini.

PAI RA bukan sekedar refleksi teoritis tentang iman dan akhlak, tetapi refleksi yang harus melahirkan tindakan nyata yang berwujud dalam konteks kehidupan kekinian, dan memberi efek dalam kebaikan, keluhuran dan kemuliaan sepanjang hidup anak.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi guru RA perlu disusun modul pembelajaran PAI RA yang sesuai dengan kebijakan Subdit Kurikulum dan Evaluasi Direktorat KSKK Kementerian Agama RI. Meliputi:

  1. Pengembangan Pendidikan Agama Islam Raudhatul Athfal
  2. Integrasi Pendidikan Agama Islam (PAI) RA Dalam Program Pengembangan
  3. Strategi, Media dan Sumber Pembelajaran
  4. Pendidikan Agama Islam Raudhatul Athfal
  5. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam RA

Melalui penyusunan modul ini diharapkan guru RA dapat meningkatkan kompetensi, khususnya kompetensi pedagogik dan profesional agar terjadi perubahan pola pikir (mindset) dalam mengembangkan proses pembelajaran PAI di RA.

Download Modul Pengembangan Pembelajaran PAI RA

Filenya bisa anda download pada link berikut ini:

Download modul PAI RA

Ruang Lingkup modul pengembangan pembelajaran PAI di RA meliputi: Pendahuluan, Pengembangan Pembelajaran PAI RA, Integrasi PAI dalam 6 (enam) Program Pengembangan, Strategi Pembelajaran PAI RA, Evaluasi Pembelajaran PAI RA.

Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya